Politik Pilkada 2024

Survei SMRC: Elektabilitas Mas Dhito Tertinggi di Pilkada Kediri 2024, Raih 66,4 Persen Dukungan

Senin, 17 Juni 2024 - 21:04 | 26.28k
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Hanindhito Himawan Pramana atau Mas Dhito masih jadi unggulan utama dalam Pilkada Kediri 2024. Hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), elektabilitas bupati petahana itu masih yang tertinggi di antara sejumlah tokoh lain yang ada di Kabupaten Kediri. 

Survei SMRC yang dilakukan pada 5-12 Juni 2024 dalam simulasi 6 nama, Mas Dhito meraih dukungan 66,4 persen, jauh meninggalkan Dewi Maria Ulfa 6,8 persen, Anang Prakasa 5 persen, Deny Widyanarko 4,7 persen, Sentot Djamaludin 2,7 persen, Rahmadi Yogiantoro 0,9 persen. Sedangkan yang belum tahu sekitar 13,5 persen.

Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani menuturkan angka elektabilitas itu tidak lepas atas kinerja Mas Dhito selama menjabat sebagai Bupati Kediri di periode pertama. 

"Ditandai pembangunan infrastruktur dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Kediri. Sehingga masyarakat berasumsi kepemimpinannya mampu membawa banyak perubahan positif bagi Kabupaten Kediri," tuturnya, Senin (17/06/2024). 

Masih berdasarkan survei yang sama, dukungan terhadap Mas Dhito maju sebagai Bupati Kediri berasal dari lintas pemilih partai. Terutama dari partai-partai yang ada di legislatif, mayoritas pemilih mendukung Mas Dhito. 

Survei tersebut mencatat, Mas Dhito memperoleh mayoritas suara dukungan yang didominasi dari PDIP 75 persen, PKS 77 persen,  Demokrat 68 persen, Gerindra 66 persen, NasDem 66 persen, Golkar 62 persen, PAN 61 persen, dan PKB 58 persen. 

Dukungan dari pemilih NasDem menarik mengingat Nasdem sendiri telah memberikan rekomendasi kepada bakal calon lainnya Deny Widyanarko. Mas Dhito mendapatkan dukungan pemilih Nasdem 66 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan Deny yang hanya 7 persen.

Survei SMRC menyebut, mayoritas responden menilai Dhito Pramana memiliki perhatian terhadap rakyat dan mengapresiasi bukti kerja nyata. “Pemilih pada umumnya juga masih menginginkan Hanindhito kembali menjadi bupati Kediri,” sambungnya.

Survei SMRC ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun dalam survei berjumlah 1.210 responden dengan minimal usia 17 tahun dan sudah menikah ketika survei Pilkada Kediri 2024 dilakukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES