Politik

Bupati Sumbawa Barat Musyafirin, Torehkan Puluhan Prestasi Selama Dua Periode Kepemimpinan

Kamis, 20 Juni 2024 - 00:01 | 55.71k
Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. H. Musyafirin, MM. (Foto: Dok Humas KSB)
Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. H. Musyafirin, MM. (Foto: Dok Humas KSB)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. H. Musyafirin, MM, telah berhasil menorehkan puluhan prestasi gemilang selama dua periode masa kepemimpinannya. Di bawah kepemimpinannya, KSB yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami berbagai perubahan signifikan yang membawa dampak positif bagi masyarakat setempat.

Selama menjabat, Musyafirin fokus pada pembangunan infrastruktur yang meningkatkan konektivitas dan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan jalan, jembatan, dan berbagai fasilitas umum lainnya telah memberikan kemudahan akses dan mobilitas bagi warga KSB. Infrastruktur yang baik ini tidak hanya mempermudah transportasi, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Musyafirin dikenal dengan program-program unggulannya yang inovatif dan berdampak langsung pada masyarakat. Program-program tersebut berhasil menciptakan aksesibilitas yang lebih baik dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di KSB. Inovasi dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat telah membawa perubahan nyata dan diakui oleh banyak pihak.

Prestasi yang diraih selama masa kepemimpinan Musyafirin mendapatkan apresiasi dan pengakuan dari berbagai pihak. Kabupaten Sumbawa Barat telah menerima berbagai penghargaan bergengsi di tingkat nasional, yang menjadi bukti keberhasilan dan dedikasi Musyafirin dalam memimpin daerahnya. 

Berbagai penghargaan itu mencakup berbagai bidang, dari pembangunan infrastruktur hingga program sosial yang berdampak positif. Berikut daftar penghargaan tersebut, diantaranya:

1. Penghargaan Manggala Karya Kencana atas prestasi yang menonjol dan komitmen kepemimpinannya dalam menggerakkan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera Tahun 2018 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Juni 2018).

2. Penghargaan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 dengan nilai A dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Indonesia (Februari 2020).

3. Bupati Sumbawa Barat terpilih sebagai The Best Innovation of Gotong Royong Approach Policy dalam Ajang Indonesia Visionary Leader (IVL) Season 6 (Februari 2020).

4. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keenam kali berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan NTB (Mei 2020).

5. Penghargaan Sistem Merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas keberhasilan penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara dengan predikat Baik (Januari 2021).

6. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ketujuh kali berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan NTB (April 2021).

7. Penghargaan sebagai Kepala Daerah Terbaik Pertama dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI pada Peringatan HUT ke-76 TNI tahun 2021 di Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Oktober 2021).

8. Rekor MURI sebagai Kabupaten Pertama yang telah menuntaskan Capaian 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) (Oktober 2021).

9. Penghargaan kepada Bupati Sumbawa Barat sebagai “Indonesia The Best Innovation Regent 2021” dari Seven Media Asia (Oktober 2021).

10. Penghargaan kepada Bupati Sumbawa Barat sebagai Bupati Favorit III dalam Ajang Kampung Sehat Jilid II Award Tahun 2021 yang diselenggarakan Polda NTB (Desember 2021).

11. Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat meraih Penghargaan BKN Award tahun 2021 kategori Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT) (Desember 2021).

12. Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial (SLKS) dari Presiden Republik Indonesia kepada Bupati Sumbawa Barat (Desember 2021).

13. Penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat tahun 2022 pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Sulawesi Tenggara (Februari 2022).

14. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keenam kali berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan NTB. (Mei 2022).

15. Penghargaan kepada Bupati Sumbawa Barat dari Menteri Pertanian RI atas Prestasi Pemerintah Daerah dalam mendukung pemanfaatan sumber daya air tanah dalam peningkatan produksi jagung di Kabupaten Sumbawa Barat dengan teknologi inovasi yang diterapkan pertanian adaptif berbasis agroekosistem di lahan kering iklim kering (Petani LKIK) (Agustus 2022).

16. Peringkat 1 dalam Ajang BKN Award 2022 (September 2022).

17. Sebagai Kabupaten Terendah Prevalensi Stunting di Provinsi NTB. (Agustus 2023).

18. Kabupaten Sumbawa Barat dinobatkan sebagai Peringkat Kedua Daerah dengan Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi Tingkat Kabupaten Tahun Anggaran 2022 dalam ajang APBD Award 2023 dari Kementerian Dalam Negeri RI (Maret 2023).

19. Penghargaan kepada Bupati Sumbawa Barat kategori Bupati Pendukung Utama Pengelolaan Zakat pada ajang Baznas Award tahun 2023 (Maret 2023).

20. Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia (Juli 2023).

21. Kabupaten Sumbawa Barat terpilih dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji melalui Ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintahan Daerah, BUMN, dan BUMD tahun 2023 (Juli 2023).

22. Apresiasi atas inovasi percepatan penurunan angka stunting dari BKKBN RI kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (Agustus 2023).

23. Kabupaten Sumbawa Barat mewakili Indonesia pada Ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Open Government Partnership (OGP) Global Summit di Kota Tallin, Estonia (September 2023).

24. BKN Award 2023 pada kategori Implementasi penerapan manajemen kinerja, kategori Pengembangan kompetensi dan kategori utama Implementasi norma standar, prosedur dan kinerja (NSPK) manajemen ASN Terbaik (September 2023).

25. Penghargaan kepada Bupati Sumbawa Barat pada Ajang Indonesia Visionary Leader (IVL) season XIII tahun 2023 dengan kategori “The Best in Local Community Involvement” (Oktober 2023).

26. Penghargaan Swastisaba kategori Padapa dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan (November 2023).

Dengan berbagai pencapaian yang telah diraih, Musyafirin berkomitmen untuk terus bekerja keras demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat tetap menjadi prioritas utama. Hingga saat ini, Musyafirin berkhidmat untuk membangun NTB dengan maju sebagai calon Wakil Gubernur mendampingi Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah.

Kepemimpinan Musyafirin selama dua periode ini membuktikan kerja keras, inovasi, dan komitmen yang kuat dalam membangun daerah. Prestasi-prestasi ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak dan diharapkan dapat terus berlanjut di masa mendatang. Dedikasi Musyafirin dalam memajukan KSB menjadikan daerah ini sebagai contoh sukses bagi daerah lain di Indonesia.

Dengan segala pencapaian ini, Dr. H. Musyafirin telah menunjukkan bahwa kepemimpinan yang visioner dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat dapat membawa perubahan nyata dan positif bagi daerah yang dipimpinnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES