Politik

Pegiat Desa Pacitan Dukung Rakhman Wijayanto sebagai Bakal Calon Wakil Bupati

Jumat, 21 Juni 2024 - 18:43 | 46.20k
Deklarasi Pegiat Desa Kabupaten Pacitan mendukung Rakhman Wijayanto untuk menjadi Bacawabup dampingi Indrata Nur Bayuaji pada Pilkada 2024. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Deklarasi Pegiat Desa Kabupaten Pacitan mendukung Rakhman Wijayanto untuk menjadi Bacawabup dampingi Indrata Nur Bayuaji pada Pilkada 2024. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Dukungan terhadap bakal calon Wakil Bupati Pacitan, Rakhman Wijayanto, semakin kuat setelah para pegiat desa di Kabupaten Pacitan menggelar konsolidasi untuk menyatakan dukungan mereka pada Pilkada 2024

Konsolidasi yang diadakan pada hari Jumat, 21 Juni 2024, di Rumah Makan Sehat, Jalan Lintas Selatan (JLS), ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Rakhman Wijayanto sendiri dan Caleg DPRD Pacitan terpilih dari Partai Demokrat, Bagus Surya Pratikna.

Koordinator Pegiat Desa Kabupaten Pacitan, Septian Dwi Cahyo, dalam pertemuan tersebut, menegaskan pentingnya dukungan ini bagi pembangunan desa-desa di Pacitan.

Pegiat-Desa-2.jpg

"Saya tegaskan bahwa kita ini berasal dari pegiat desa bersama teman-teman yang aktif mengawal isu pembangunan desa, mendukung Rakhman Wijayanto menjadi Bakal Wakil Bupati pada Pilkada 2024," ujarnya.

Dalam deklarasi tersebut, para pegiat desa menitipkan Panca Dharma Desa yang isinya: 

1. Pemerataan pembangunan infrastruktur desa

2. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa

3. Pengembangan ekonomi masyarakat desa

4. Peningkatan kualitas pelayanan dasar desa

5. Pelestarian lingkungan dan budaya desa

Septian Dwi Cahyo menambahkan bahwa pertemuan ini tidak bersifat mendadak. "Pertemuan kali ini tidak tiba-tiba, sudah kami rencanakan jauh-jauh hari dan sudah kita mulai beberapa hari yang lalu secara tertutup. Kita punya cita-cita yang sama. Ada dua pilihan, apakah kita diam, apakah ikut proses membangun Kabupaten Pacitan," ucapnya.

Menurutnya, pilihan mendukung Rakhman Wijayanto untuk mendampingi Indrata Nur Bayuaji dilandasi oleh kesamaan visi dalam pembangunan desa.

Dukungan ini tidak semata-mata muncul tanpa alasan. Rakhman Wijayanto dikenal memiliki perhatian khusus terhadap pembangunan desa dan pernah menjabat sebagai Kepala Desa Arjawinangun.

Pengalaman tersebut dinilai penting oleh para pegiat desa karena pemahaman Rakhman terhadap kebutuhan dan dinamika desa. “Saya kira satu-satunya mantan Kades yang saat ini ikut kontestasi Pilkada 2024,” ungkap Cahyo.

Konsolidasi ini bertujuan untuk menyatukan visi dan misi para pegiat desa dalam mendukung bakal calon wakil bupati yang dianggap mampu membawa perubahan positif bagi Pacitan. Dukungan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi perubahan yang lebih baik di tingkat desa.

 "Kita ingin pemimpin yang benar-benar peduli dan mengerti kebutuhan desa. Dengan konsolidasi ini, kami berharap bisa mengawal proses Pilkada agar lebih transparan dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas," tambah Cahyo.

Cahyo juga menekankan bahwa desa adalah ujung tombak pembangunan. Tanpa dukungan dan perhatian yang serius dari pemerintah kabupaten, pembangunan di desa tidak akan maksimal.

"Desa adalah ujung tombak pembangunan. Oleh karena itu, Pilkada ini sangat penting untuk masa depan kita semua," kata Cahyo.

Berbagai isu krusial yang dihadapi desa-desa di Pacitan, mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, hingga pemberdayaan ekonomi lokal menjadi penekanan deklarasi tersebut.

Cahyo berharap, Rakhman Wijayanto jika terpilih nantinya mampu membawa inovasi dan solusi nyata bagi berbagai permasalahan yang ada.

"Pacitan punya banyak potensi, terutama di sektor pariwisata dan pertanian. Kita butuh pemimpin yang bisa memaksimalkan potensi ini dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa," ungkap Cahyo.

Salah satu hasil penting dari konsolidasi ini adalah terbentuknya komitmen bersama untuk mendukung calon bupati dan wakil bupati yang memiliki visi pembangunan desa yang jelas dan terukur.

Para pegiat desa sepakat untuk terus mengawal proses Pilkada dan memastikan bahwa aspirasi mereka tersampaikan kepada calon-calon yang akan bertarung.

"Kami akan terus mengadakan pertemuan dan diskusi seperti ini sampai hari pemilihan. Kami ingin memastikan bahwa suara desa didengar dan dipertimbangkan dalam setiap langkah pembangunan," tegas Cahyo.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Bupati Pacitan, Rakhman Wijayanto atau yang disapa akrab Wiwit BG, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan para pegiat desa.

"Alhamdulillah hari ini saya bisa berkomunikasi dengan para pegiat desa yang menjadi mitra kami waktu dulu di pemerintahan desa," ucapnya.

Dukungan ini, menurutnya, merupakan semangat luar biasa yang akan membantu dalam mendapatkan rekomendasi dari DPP Demokrat.

"Dukungan teman-teman pegiat desa menjadi amunisi luar biasa bagi saya, artinya kebersamaan, kekompakan, dukungan teman-teman pegiat desa nanti menjadi materi buat kami dalam rangka untuk mendapatkan rekomendasi DPP Demokrat," ungkap Rakhman.

Selain itu, Rakhman juga menyatakan bahwa dukungan ini membuka ruang baginya untuk lebih intens turun ke desa-desa, dan rekan-rekan pegiat desa akan menjadi jembatan untuk mengkomunikasikan kebutuhan masyarakat desa kepada pemerintah.

"Dukungan ini membuka ruang kami untuk lebih intens turun ke desa-desa dan tentunya rekan-rekan nanti akan menjadi jembatan kami yang akan mengkomunikasikan kami dengan masyarakat dan juga para tokoh masyarakat. Itu suatu dukungan yang luar biasa sehingga ada sinergisitas antara desa dengan Kabupaten dan para pegiat desa juga mempunyai visi-visi yang baik. Bagaimana desa menjadi nyaman, sejahtera, dan bahagia," pungkasnya.

Dengan dukungan yang kuat dari para pegiat desa, Rakhman Wijayanto diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi Kabupaten Pacitan, terutama dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan di desa-desa.

Pilkada 2024 menjadi momentum penting bagi Pacitan untuk memilih pemimpin yang benar-benar peduli dan mengerti kebutuhan desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES