Politik

Pj Wali Kota Gorontalo: Kerja-Kerja Pantarlih Penentu Kesuksesan Pilkada 2024

Senin, 24 Juni 2024 - 17:23 | 12.72k
Pejabat (Pj) Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid saat menghadiri apel Kesiapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada serentak. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Pejabat (Pj) Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid saat menghadiri apel Kesiapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada serentak. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALO – Gorontalo – Pejabat (Pj) Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid mengatakan kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Gorontalo tergantung kerja-kerja dari Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Pasalnya, Pantarlih yang akan melakukan memastikan data pemilih yang digunakan dalam Pilkada.

Hal tersebut disampaikan Ismail Madjid usai menghadiri apel Kesiapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada serentak yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo di Lapangan Buladu, pada Senin (24/6/2024

“Sukses tidaknya ini Pilkada, itu ditentukan oleh sejauh mana daftar pemilih dan siap mereka memilih. Sehingga Pantarlih bisa melakukan pendataan kepada pemilih yang pada Pemilu kemarin belum sempat d idata,” kata Pj Wali Kota Gorontalo Ismail Madjid

Diketahui, Pantarlih memang merupakan komponen penting dalam proses pemilihan umum (Pemilu) atau Pilkada. Tugas dan fungsi utama mereka adalah memastikan bahwa data pemilih yang digunakan dalam pemilu atau pilkada adalah akurat dan terkini, sehingga mendukung pelaksanaan pemilu yang adil dan transparan.

Salah satu tugas utama Pantarlih adalah melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih, yang dikenal dengan istilah Coklit. Dalam proses ini, anggota Pantarlih mengunjungi pemilih dari rumah ke rumah untuk memverifikasi data yang telah terdaftar.

Mereka memastikan bahwa informasi seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan data lainnya sesuai dengan kondisi aktual di lapangan. Selain melakukan verifikasi, Pantarlih juga mengumpulkan dan memverifikasi data pemilih baru yang memenuhi syarat.

Tak hanya itu, Pantarlih bertugas memperbarui daftar pemilih dengan menambahkan nama-nama baru, menghapus pemilih yang tidak lagi memenuhi syarat, seperti meninggal dunia atau pindah domisili, dan memperbaiki data yang keliru.

Ismail bilang, pemutakhiran data ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap pemilih di Kota Gorontalo yang memenuhi syarat terdaftar dengan benar. Ia berharap, Pantarlih bisa melakukan pendataan pemilih yang sudah meninggal, atau sudah pindah domisili agar data pemilih bisa akurat dan terkini. 

“Pantarlih juga diharapkan mendata pendatang di Kota Gorontalo, termasuk Mahasiswa baru yang berkuliah di Kota Gorontalo. Namun, yang paling penting, pemilih bisa memberikan hak pilihnya pada November mendatang,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES