Politik

Meski Ibu Kota Akan Pindah ke Kalimantan, Jakarta Masih Jadi Rebutan Elite Politik

Senin, 01 Juli 2024 - 11:20 | 12.97k
Jalan Sudirman, di Jakarta Pusat. (FOTO: Antara)
Jalan Sudirman, di Jakarta Pusat. (FOTO: Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ibu Kota Indonesia akan segera dipindahkan ke dua kabupaten di Kalimantan Timur, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Hal itu setelah Undang-undang No 3 tahun 2022 di setujui DPR, melalui Sidang Paripurna pada 18 Januari 2022 lalu.

Presiden Jokowi (Joko Widodo) pun sudah memberikan nama wilayah elite tersebut Ibu Kota Nusantara atau IKN. Saat ini sudah ada beberapa infrastruktur yang sudah dibangun oleh Kementerian PUPR. Salah satunya yakni Istana Kepresidenan. 

Bahkan, pada Agustus 2024 nanti, upacara Hari Kemerdekaan Indonesia akan dilangsungkan di tempat tersebut. Presiden Jokowi juga telah memastikan bahwa upacara ke-79 pada 17 Agustus 2024 itu digelar di IKN.

Meski akan pindah, namun Jakarta hingga kini masih menjadi rebutan oleh elite politik. Beberapa partai sudah mulai menyodorkan sosok-sosok yang dinilai bisa meraup suara di Kota Metropolitan, agar bisa menang di Pilgub Jakarta 2024 nanti.

Meski belum resmi didaftarkan ke KPU, saat ini ada beberapa nama yang dinilai berpotensi besar maju di kontestasi politik Jakarta tersebut. Sebut saja Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan juga anak Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep.

Anies sendiri sudah ada beberapa partai yang resmi mengusung. Antara lain PKS dan PKB. Selain itu, ada beberapa partai politik yang sudah memberikan kode untuk bergabung, yakni PDIP dan NasDem.

Sementara Ridwan Kamil, akan diusung oleh partai politik yang dikomandoi oleh Presiden Indonesia terpilih, Prabowo Subianto. Antara lain seperti Gerindra, PAN dan Partai Golkar. 

Nama Kaesang juga muncul di bursa Pilgub Jakarta 2024. Sebagian pengamat memandang, bahwa Ketua Umum PSI tersebut bisa saja maju dan dilirik oleh partai politik. Hal itu karena masih ada efek politik ayahnya yang kini masih menjadi Kepala Negara.

Diketahui, pemungutan suara Pilkada atau Pilgub 2024 akan diselenggarakan secara serentak atau bersamaan pada tanggal 27 November 2024. Termasuk juga di Jakarta.

Untuk penetapan pasangan calon dilakukan pada Selasa, 22 September 2024 - Sabtu, 22 September 2024. Sementara pelaksanaan kampanye yakni pada Rabu, 25 September 2024 - Sabtu, 23 November 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES