Politik Pilkada 2024

Usung Anies Baswedan, PKB Enggan Sohibul Iman Jadi Cawagub?

Senin, 01 Juli 2024 - 21:11 | 11.87k
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/7/2024). (Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/7/2024). (Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa partainya tidak berniat untuk memasangkan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2024.

Jika Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah mengumumkan bakal mengusung Anies dan memasangkannya dengan Sohibul Iman, menurut Muhaimin, itu hanyalah versi dari partai tersebut. Sedangkan PKB memiliki versi sendiri terkait sosok pasangan Anies.

"Itu versi PKS kan, kami punya versi juga," kata Cak Imin saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Sejauh ini, dia mengatakan bahwa DPW PKB DKI Jakarta berencana untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Sebagai pimpinan pusat partai, dia mengaku mempertimbangkan hal tersebut.

Walaupun begitu, Cak Imin mengatakan pasangannya saat mengikuti Pilpres 2024 tersebut memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi di Jakarta sehingga Gubernur Jakarta periode 2017-2022 itu berpotensi menjadi calon terkuat yang bakal diusung PKB.

Dia mengatakan keputusan pasti tentang dukungan kepada Anies bakal diputuskan setelah pihaknya pun menentukan calon wakil gubernurnya.

Namun, penetapan Anies dan bakal calon wakil gubernur yang akan diusung PKB bakal melalui proses musyawarah dengan partai politik lain.

"Sampai hari ini kita masih memantapkan siapa pasangan Anies," kata mantan Calon Wakil Presiden pada Pemilu 2024 tersebut.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Tingkat Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan mengusung pasangan Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta tahun 2024.

"Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai DPP PKS, Jakarta, Selasa (25/6).

Dia mengatakan struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk di antaranya Anies Rasyid Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES