Positive News from Indonesia

Yuhronur Efendi: Merdeka Belajar Menuju Masa Depan Lebih Baik

Senin, 03 Mei 2021 - 13:22 | 96.47k
Yuhronur Efendi: Merdeka Belajar Menuju Masa Depan Lebih Baik
Bupati Lamongan Yuhronur Effendi saat menyampaikan pesan dari Mendikbudristek RI Nadiem Makarim pada upacara virtual dalam rangka memperingati Hari Pendidikan di Pendopo Lokatantra, Senin (03/05/2021), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek)  Nadiem Makarim menuturkan, pendidikan haruslah dijiwai dan dihidupkan kembali ditengah masa pandemi global agar bebas tercipta pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga terwujudnya merdeka belajar yang sejati.

“Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila. Pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya dan mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Karenanya kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai urusan merdeka belajar,” kata Bupati Yuhronur Effendi membacakan pesan dari Mendikbudristek RI Nadiem Makarim, Senin (03/05/2021).   

bupati lamongan

 

Yuhronur menyampaikan pesan Nadiem Makarim, ada empat upaya perbaikan yang dilakukan kementerian yakni perbaikan infrastruktur pada teknologi, perbaikan kebijakan prosedur dan pendanaan serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan, perbaikan kepemimpinan masyarakat dan budaya, juga perbaikan kurikulum pedagogi dan asesmen.

“Episode merdeka belajar telah diluncurkan dan akan masih banyak lagi terobosan-terobosan merdeka belajar yang kita lakukan. Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan,” ujarnya.  

Krisis pandemi ini, kata Yuhronur pesan dari Nadiem, adalah lambang optimisme yang menunggu untuk ditangani untuk menuai kemajuan. Ia mengapresiasi adanya sebagian lembaga sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas dan ada juga yang tengah bersiap.

“Saya bersemangat melihat masyarakat sadar bahwa kita harus terus bergerak maju dan melakukan berbagai lompatan kemajuan tanpa keraguan, tentunya dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan,” ucapnya.

Dalam acara tersebut, Pak Yes juga menyerahkan penghargaan terhadap siswa-siswi berprestasi Lamongan tingkat Sekolah Dasar Negeri. Kejuaraan Sab’ah lomba virtual dan penghargaan kejuaraan sekolah tangguh jenjang SD di Lamongan tahun 2021. 

Pada momen refleksi terkait apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki ini, Pak Yes sapaan Yuhronur Effendi mengajak seluruh warga Lamongan utamanya insan pendidikan untuk turut mendukung apa yang telah disampaikan Menristek Nadiem.

bupati lamongan b

“Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Menteri, mari kita dukung hal tersebut dengan terus mengkaji dan melaksanakan merdeka belajar guna menyongsong masa depan yang lebih baik,” tutur  Bupati Yuhronur Effendi menyampaikan pesan Mendikbudristek Republik Indonesia Nadiem Makarim dalam rangka upacara virtual memperingati Hari Pendidikan di Pendopo Lokatantra Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES