Positive News from Indonesia

Alhamdulillah, Dua Kafilah Muda Asal Banyuwangi Raih Juara MTQ Nasional 2022

Kamis, 20 Oktober 2022 - 04:04 | 19.37k
Ahmad Syaifudin Amin dan Riskiyatul Fitriyah, kafilah muda asal Banyuwangi peraih juara MTQ Nasional 2022. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Ahmad Syaifudin Amin dan Riskiyatul Fitriyah, kafilah muda asal Banyuwangi peraih juara MTQ Nasional 2022. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Milenial Banyuwangi tidak henti-hentinya menorehkan prestasi luar biasa yang membanggakan.

Baru-baru ini angin segar kembali berhembus. Dua kafilah yang menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur dalam Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXIX, di Kalimantan Selatan, berhasil menyabet predikat juara.

Advertisement

Mereka adalah Ahmad Syaifudin Amin dan Riskiyatul Fitriyah.

MTQ Nasional adalah festival keagamaan Islam Indonesia yang diadakan di tingkat nasional yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran.

Pada periode ini, MTQ XXIX dilaksanakan di Kalimantan Selatan, 12 - 18 Oktober 2022, dengan diikuti oleh jumlah peserta sebanyak 1.676 yang berasal dari 34 provinsi.

Kegiatan ini mengompetisikan 8 cabang lomba, yakni seni baca Al Quran, hafalan Al Quran, tafsir Al Quran, syarhil Quran, kaligrafi, qiraat Al Quran, fahmil Quran, dan karya tulis Al Quran.

Ahmad Syaifudin Amin, pria asal Desa Bangorejo menjadi perwakilan Jawa Timur sebagai peserta lomba tafsir bahasa inggris putra.

Usaha memang tak menghianati hasil, ketika diumumkan pada hari terakhir perhelatan akbar itu, alumnus dari MAN 4 Banyuwangi ini berhasil mendapat predikat juara pertama.

Memang bukan hal yang mengherankan jika ia berhasil membawa predikat juara.

Pasalnya, Ahmad Syaifudin memang tampil secara meyakinkan dan percaya diri saat menjelaskan dan menfasikan soal yang diajukan oleh Dewan Hakim pada kompetisi yang digelar di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kecamatan Landasan Ulin, Kabupaten Banjar itu.

Syaifudin yang tampil sebagai juara tersebut berhasil mendapatkan nilai tertinggi sebesar 192,6, menyusul kafilah lain dari Jawa Timur atasnama Ummu Habibah yang peroleh nilai 191,8, dan posisi ke-3 ditempati Shohibul Huda (DKI Jakarta) mendapat nilai 191,0.

Sementara itu, Riskiyatul Fitriyah yang pada saat ini sedang menimba ilmu sebagai mahasiswa Mahad Ali Darussalam Blokagung Banyuwangi, menjadi yang terbaik pada lomba Fahmil Quran putri pada perhelatan yang sama.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengaku bangga akan prestasi yang diraih oleh anak-anak muda dari kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa ini.

Ipuk pun salut atas upaya dan kerja keras mereka yang berhasil membanggakan Jawa Timur, khususnya tanah kelahirannya, Banyuwangi.

“Selamat kepada anak-anakku Amin dan Riski atas prestasinya yang membanggakan. Banyuwangi bangga pada kalian. Banyuwangi sangat bersyukur karena anak-anak mudanya terus menorehkan prestasi di berbagai bidang,” kata Ipuk, Rabu (19/10/2022).

Ahmad dan Rizky sebelumnya telah melewati seleksi berjenjang dan akhirnya lolos untuk mewakili Provinsi Jawa Timur.

Peserta dipilih melalui seleksi Juara 1 hingga 3 di MTQ Provinsi Jawa Timur 2021.

“Semoga prestasi mereka bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak Banyuwangi yang lainnya,” kata Ipuk.

Secara keseluruhan, pada MTQ XXIX Tahun 2022, Jawa Timur menjadi juara umum.

Kafilah Jatim berhasil meraih sebanyak 14 medali emas, 4 medali perak dan 5 medali perunggu.

Sementara juara kedua diraih oleh Kafilah DKI Jakarta dengan mengumpulkan 8 emas, 7 perak dan 7 perunggu.

Sementara tuan rumah Kalimantan Selatan menempati juara ketiga dengan 8 emas, 6 perak, dan 4 perunggu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES