Positive News from Indonesia Babinsa Duta Informasi Positif

Kisah Babinsa Kalibaru: Heroisme, Harmoni, dan Gotong Royong Padamkan Api di Kebun Jatirono

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 06:31 | 34.69k
Babinsa Kalibaru Serma Dahlan dan Bhabinkamtibmas Kalibaru tak kenal lelah dan takut memadamkan api di lahan PTPN XII Jatirono, Banyuwangi. (Foto: Pendiam Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Babinsa Kalibaru Serma Dahlan dan Bhabinkamtibmas Kalibaru tak kenal lelah dan takut memadamkan api di lahan PTPN XII Jatirono, Banyuwangi. (Foto: Pendiam Banyuwangi for TIMES Indonesia)
FOKUS

Babinsa Duta Informasi Positif

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kalibaru, Banyuwangi, Jatim, Jumat, 13 Oktober 2023. Terik matahari membuncah. Cuaca siang sangat panas itu menemani kisah Babinsa Serma Dahlan bersama Bhabinkamtibmas setempat dan warga sekitar berjuang melawan api dan asap.

Ancaman api merah menjulang menghampiri kebun Jatirono, menyelimuti langit dengan asap pekat dan menyisakan bau hangus yang menusuk. Kebakaran besar telah memamah lahan seluas satu hektar lahan  PTPN XII Jatirono.

Api tak hanya mengancam layan dan tanaman, tapi juga jiwa dan harapan yang menumbuhkan lahan itu.

Babinsa-Kalibaru.jpg

Sosok berpakaian loreng dari Koramil 0825/Kalibaru dan coklat dari Polsek Kalibaru menjadi pelopor pertempuran melawan si jago merah.

Serma Dahlan, seorang Babinsa dari Desa Kalibaru Wetan, tampil sebagai pahlawan di tengah kobaran api yang ganas. Ia, bersama Bhabinkamtibmas dan warga sekitar, bergerak dengan penuh keberanian. Mereka menyusup ke tengah-tengah lautan api. Mempertaruhkan nyawa untuk menyelamatkan lahan yang menjadi sumber kehidupan banyak orang.

Angin kencang yang berhembus seolah menjadi musuh yang menggoda. Menyulut dan menyebarkan api dengan lebih liar lagi. Namun, dengan semangat juang yang membara, tim gabungan ini berusaha memutus mata rantai kobaran dengan peralatan seadanya.

Suasana penuh spirit. Keberanian dan rasa solidaritas yang kuat antara anggota tim dan masyarakat menyatu.

"Langkah kecil ini mungkin tidak banyak orang tahu, tapi langkah ini untuk menyelamatkan banyak lahan penghidupan peternak sapi dan petani warga sekitar," ucap Serma Dahlan.

Setiap detik terasa begitu berharga. Keringat mengucur. Nafas tersengal. Namun Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan warga tak ada yang menyerah.

Mereka berjuang. Bukan hanya untuk memadamkan api, tetapi juga untuk menghidupkan kembali asa dan mimpi yang hampir padam oleh bencana.

Serma Dahlan dan timnya menunjukkan dedikasi dan ketabahan yang luar biasa. Menegaskan komitmen mereka untuk menjaga serta melindungi masyarakat dan alam.

Babinsa-Kalibaru-b.jpg

Danramil Kalibaru Kapten Inf Ketut, sebagai pemimpin di lapangan, memberikan arahan dengan penuh percaya diri dan ketenangan. Instruksinya jelas dan tegas. Sebuah refleksi dari pengalaman dan kebijaksanaan yang dimilikinya dalam menghadapi bencana seperti ini.

Akhirnya, setelah perjuangan yang sengit, api berhasil dipadamkan. Lahan yang terbakar memang meninggalkan luka, tetapi juga meninggalkan cerita heroik tentang bagaimana komunitas dapat bersatu dan berjuang melawan bencana. Ini adalah kisah tentang ketahanan, keberanian, dan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas masyarakat kita.

Heroisme, Harmoni, dan Gotong Royong

Kisah Babinsa ini bukan hanya tentang perjuangan melawan api, tetapi juga tentang semangat kemanusiaan dan kerjasama. Di tengah gejolak si jago merah, harmoni dan gotong royong tumbuh subur, menciptakan drama heroik yang terukir indah dalam memori mereka yang hadir.

Pertempuran sengit dengan lidah-lidah api tak meredamkan semangat Babinsa dan warga. Suasana serasa dipenuhi dengan energi positif dan determinasi. Membuat langkah kaki mereka semakin mantap melangkah. Tangan mereka semakin kuat memegang peralatan. Dan, hati mereka semakin teguh untuk tidak menyerah.

Tidak ada kata menyerah dalam kamus mereka. Setiap tetes keringat yang jatuh, setiap helaan napas yang tersengal, menjadi bukti nyata dari pengorbanan dan keteguhan hati mereka dalam menghadapi bencana. Adegan-adegan penuh perjuangan dan pengorbanan itu, tak hanya menjadi tontonan, tetapi juga inspirasi dan pelajaran berharga bagi semua yang menyaksikan.

Kerugian materi memang tak terhindarkan, tetapi nilai kebersamaan dan gotong royong yang terbentuk menjadi modal kuat untuk bangkit dan memulihkan semuanya kembali. Ini adalah sebuah pembuktian bahwa, dalam gotong royong, tidak ada yang mustahil.

Babinsa-Kalibaru-c.jpg

Semangat ini juga menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu waspada dan siap menghadapi segala kemungkinan, terutama dalam menghadapi musim kemarau yang rawan kebakaran.

Kisah Babinsa Serma Dahlan ini akan menjadi pengingat, sebuah kisah heroik yang akan selalu diceritakan dari generasi ke generasi. Karena, dalam setiap debu dan asap yang berhembus, tersembunyi kisah-kisah keberanian, pengorbanan, dan cinta kepada tanah dan sesama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES