Wisata Bondowoso Republik Kopi

Wisata Bukit Luwih di Bondowoso, Referensi untuk Liburan di Akhir Pekan

Minggu, 07 April 2019 - 07:09 | 1.05m
Suasana depan Wsiata Bukit Luwih (WBL) di Desa Tapen Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Suasana depan Wsiata Bukit Luwih (WBL) di Desa Tapen Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Kabupaten Bondowoso Jawa Timur sudah punya wisata baru, namanya Wisata Bukit Luwih atau bisa disebut WBL. Wisata baru itu, bisa menjadi referensi liburan di akhir pekan atau weekend.

Wisata tersebut, merupakan wisata desa, tepatnya terletak di Dusun Jatian Desa Tapen, Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Wisata-Bukit-Luwih-3.jpg

Wisata yang baru berumur sekitar 2 bulan itu, dibangun di tanah kas desa seluas sekitar 3 hektar. Dengan mengusung konsep spot selfie, dan wisata ramah anak.

Pantauan Jurnalis TIMES Indonesia, di tempat wisata itu memang disediakan berbagai spot selfie, mulai dari sport bunga matahari, bulan sabit, kupu-kupu, dan berbagai spot menarik lainnya. Bahkan, juga disedikan wahana bermain untuk anak.

Wisata-Bukit-Luwih-4.jpg

Kepala desa setempat, Rita Iriani mengatakan, nama Bukit Luwih sendiri, diambil karena lokasi wisata tersebut merupakan tempat leluhur di desa itu bertapa. Namanya Tapak Luwih, dan warga biasa menyebutnya Juk Luwih, sehingga wisata tersebut diberi nama Bukit Luwih.

“Ini konsepnya spot selfie, untuk ke depannya wisata ramah anak. Nanti juga akan dibangun kolam renang. Area untuk wisata itu kurang,” katanya.

Wsiata itu dikelola Bumdes Sekar Wangi. Menurutnya, itu merupakan hasil belajar dan belajar, cari referensi, sehingga bisa mengukuti keinginan anak-anak zaman sekarang.

Wisata-Bukit-Luwih-5.jpg

Ia juga memperkirakan, kalau cuma satu sampai dua tahun, pembangunannya belum mencapai yang dinginkan atau belum selesai total. “Setiap tahun pasti ada penambahan spot-spot yang memang kita inginkan. Kalau dananya dari DD, sudah sekitar menghabiskan anggaran 100 juta lebih,” tuturnya.

Sementara itu, Mardianto, Pokdarwis WBL, menjelaskan kalau hari libur pengunjung mencapai 500 lebih, dan hari aktif 150 sampai 200 pengunjung, rata-rata anak muda, ada juga dari berbagai daerah, khususnya Jember.

Wisata-Bukit-Luwih-6.jpg

“Dibangun tahun 2019 awal. Sambil terus direnovasi. Juga akan dibangun kolam renang, aula pertemuan, flying fox,” jelasnya.

Bagi yang ingin berkunjung ke Wisata Bukit Luwih (WBL) di Bondowoso, cukup bayar parkir Rp 1.000 untuk motor, mobil Rp 2.000 dan karcis masuk Rp 2.000. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES