Otomotif

Benarkah Hanya Marc Marquez yang Bisa Atasi Sirkuit Amerika, Faktanya Begini...

Benarkah Hanya Marc Marquez yang Bisa Atasi Sirkuit Amerika, Faktanya Begini... Pembalap dari tim Honda, Marc Marquez berpose sambil memegang helmnya saat merayakan kemenangannya pada MotoGP Amerika di Austin, Texas, 23 April 2017 lalu. (FOTO :Twitter/MotoGP)
Jum'at, 12 April 2019 - 14:32

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seri ketiga musim MotoGP 2019 akan digelar lagi di Circuit of The Americas Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (14/4/2019) atau Senin (15/4/2019) dinihari WIB dan semua tak terkecuali para pebalap MotoGP menjagokan Marc Marquez pebalap Repsol Honda bakal menjadi jawaranya.

Empat rider, Danilo Petrucci dan Andrea Dovisiozo (Mission Winnow Ducati), Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) dan Alex Rin (Suzuki Ecstar) dalam komentar dan dalam sebuah press consperence, senada menyebut sulit akan mengalahkan The Baby Aliens di sirkuit Amerika ini.

Walau sulit menandingi Marc Marquez, mereka berucap, apapun bisa terjadi dalam sebuah pertandingan. “Ya, statistik sekarang menyebutkan bahwa Marquez tidak terkalahkan karena dia selalu menang. Tetapi tidak masalah, anda tidak memulai dari rumah dengan berpikir ia tidak mungkin dikalahkan. Kami selalu berusaha untuk meningkat, berusaha untuk menjadi kuat dan mencoba untuk tiba di depan,” kata The Doctor.

"Sudah pasti Marquez punya kecepatan yang baik di Austin, tetapi saya pikir semua pembalap akan cepat sampai limit untuk mengalahkannya,” tambah Alex Rins.

“Saya pikir itu (mengalahkan Marquez) akan sangat sangat sulit, tetapi dalam balapan tidak ada yang mustahil,” tutur Andrea Dovisiozo.

Ciruit of the Americas memang menyimpan tantangan tersendiri. Lintasan sirkuitnya banyak bergelombang dan menyulitkan pebalap.

Michelin sebagai penyedia ban, juga meraba-raba lagi bagaimana kondisi lintasannya. Karena untuk mengatasi gelombang itu,  pihak sirkuit terus melakukan sejumlah upaya. GPOne juga melaporkan bahwa mereka mencoba menghaluskan aspal lintasan memakai mesin-mesin.

Sirkuit ini sebelumnya terkenal amat menguras ban. Trek lurusnya sepanjang 1,2 km, sementara permukaan aspalnya begitu abrasif untuk ban. Sehingga Michelin hanya bisa memperkirakan bagaimana sirkuit ini akan bekerja, kala mempersiapkan susunan ban untuk para pebalap.

Melihat rekor MotoGP AS sejak 2013 maka untuk seri MotoGP 2019 ini, tampaknya hanya Marc Marquez, pebalap Repsol Honda yang bisa mengatasinya karena ia telah membuktikan menjadi pemenang dalam lima seri terakhir di Circuit of The Americas Austin, Texas, Amerika Serikat sepanjang 5,5 KM yang memiliki beberapa belokan tajam mulai T4 hingga T9 serta T13 hingga T17 dan tikungan-tikungan itu sangat cocok dengan karakter membalap The Baby Alien. (*)

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration