Gaya Hidup

Tips Puasa Sehat dan Bugar untuk Ibu Hamil

Tips Puasa Sehat dan Bugar untuk Ibu Hamil ILUSTRASI. (FOTO: Liputan6)
Senin, 06 Mei 2019 - 12:47

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selama tak ada masalah dengan kehamilan, ibu hami tetap diperbolehkan puasa. Nah untuk menjaga kondisi tubuh dan asupan butrisi untuk janin, ada tips puasa sehat yang dapat diterapkan oleh ibu hamil.

1. Hindari stres

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa pada bulan Ramadhan memiliki kadar hormon kortisol (hormon penyebab stres) yang lebih tinggi dibanding wanita hamil yang tidak berpuasa.

Disarankan agar ibu hamil tetap tenang, dan membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah.

2. Hindari melakukan pekerjaan berat

Kurangi pekerjaan rumah dan apapun yang membuat lelah. Selain itu, hindari berjalan jauh atau membawa sesuatu yang berat. Jika pekerja kantoran, mintalah pengurangan jam kerja atau menambah waktu istirahat agar Anda tidak kelelahan.

3. Cari tempat yang sejuk

Dehidrasi merupakan salah satu risiko saat berpuasa. Usahakan untuk berdiam di tempat yang sejuk.

4. Perhatikan asupan nutrisi

Pemilihan makanan ketika buka dan sahur merupakan kunci penting ketika Anda memutuskan untuk berpuasa saat hamil. Konsumsilah makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, serta vitamin dan mineral yang baik untuk Anda serta janin. Buah dan sayur kaya serat dan yang mengandung air sangat disarankan.

5. Batasi makanan manis

Hindari berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan serta minuman manis yang tinggi gula karena bisa menaikkan kadar gula darah Anda dengan cepat. Perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat dapat membuat Anda merasa pusing dan pingsan.

6. Banyak minum air mineral

Biasakan minum air mineral sekitar 1,5-2 liter air antara waktu berbuka sampai sahur. Disarankan untuk menghindari minuman berkafein seperti teh dan kopi. Sebab kafein justru akan memicu dehidrasi, terutama jika cuaca panas.

Nah, tips puasa sehat untuk ibu hamil tersebut dapat diterapkan agar puasa tetap segar dan tak mengganggu janin. Namun jika ada gangguan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan. (*)

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

Komentar

Loading...
Registration