Gaya Hidup

Kiat Ampuh Mengatasi Flu saat Puasa Ramadhan

Kamis, 09 Mei 2019 - 05:26 | 150.51k
Flu. (FOTO: BT.com)
Flu. (FOTO: BT.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit flu atau pilek tidak bisa dicegah dan membuat puasa jadi semakin sulit. Tidak semua orang menyukai obat untuk mengatasi flu. Beberapa orang lebih suka menggunakan cara-cara alami untuk mengatasi flu agar tidak menyebabkan ketergantungan. Bagaimana mengatasi flu saat puasa Ramadhan?

Dilansir dari Dokter Sehat, selama puasa Anda juga bisa menggunakan cara-cara di bawah ini agar flu segera pergi dan aktivitas puasa bisa dijalankan dengan mudah dan lancar.

1. Menghidrasi tubuh

Salah satu kesalahan kita saat menjalankan puasa adalah tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Padahal cairan tubuh sangat penting untuk membuat Anda menjadi lebih kuat dan tenggorokan serta area napas selalu lembab. Kalau sampai area itu kering dan kena flu, ingus dan dahak bisa saja muncul.

Minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Anda bisa minum saat sedang sahur sebanyak 2-3 gelas. Selanjutnya, minum lagi 2 gelas saat berbuka dan sisanya diminum secara berkala hingga Anda akhirnya tidur. Biasakan minum air putih agar flu segera sembuh.

2. Minum sesuatu yang hangat

Saat berbuka puasa setelah seharian menahan dahaga, kita cenderung mengonsumsi minuman yang terlalu dingin. Minuman yang memiliki banyak gula dan es ini memang menyegarkan dan segera memberikan tenaga. Namun, kalau Anda sedang mengalami flu akan membuat gejalanya kian parah.

Daripada mengonsumsi minuman yang terlalu dingin, ganti dengan menggunakan air hangat saja. Anda bisa minum teh hangat atau minuman lain yang membuat area tenggorokan menjadi lebih nyaman. Setelah flu sembuh, Anda baru boleh minum sesuatu yang dingin.

3. Istirahat dengan cukup

Saat sedang puasa kita memang cenderung mengalami penurunan waktu tidur. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuri-curi waktu tidur adalah dengan menghindari bekerja terlalu berat dan segera tidur kalau Anda sudah lelah.

Jangan begadang saat malam hari. Segera tidur begitu pukul 21.00. Selanjutnya bangun mendekati waktu imsak agar tidur bisa nyenyak terlebih dahulu. Saat siang, gunakan waktu istirahat untuk tidur selama 15-30 menit.

4. Berkumur dengan air garam

Kalau tenggorokan sakit, berkumurlah dengan air garam. Masukkan air hingga ke tenggorokan lalu gunakan berkumur di sana. Selanjutnya segera keluarkan. Lakukan saat sahur dan sebelum tidur.

5. Mengonsumsi teh herbal

Teh herbal juga membuat Anda menjadi semakin mudah mengatasi flu. Saat berbuka puasa atau saat santai sebelum tidur, coba buatlah teh hijau. Jangan gunakan gula biasa. Anda bisa menggunakan madu yang memiliki kemampuan untuk meredakan inflamasi dan nyeri di tenggorokan.

6. Mengonsumsi makan dengan kandungan antioksidan

Konsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang besar. Saat sahur dan berbuka Anda bisa memperbanyak buah dan sayuran. Apa saja yang mengandung vitamin C atau vitamin lainnya bisa dikonsumsi daripada terlalu banyak mengonsumsi gula.

7. Menghirup uap hangat

Saat mengalami flu, Anda akan sering mengalami hidung yang selalu buntu. Hidung yang buntu ini akan membuat beberapa orang merasa pusing dan tidak nyaman. Mereka juga tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Kalau Anda sudah merasa tidak nyaman, cari mangkuk dan isi dengan air panas yang mengeluarkan uap hangat. Teteskan beberapa minyak esensial atau bisa minyak kayu putih. Hirup uapnya untuk membuat hidung menjadi lebih reda dan tidak terjadi gangguan pernapasan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi flu secara alami ketika Anda menjalankan puasa Ramadhan. Anda bisa memilih salah satu atau mengkombinasikan cara di atas agar segera sembuh dari flu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES