Gaya Hidup

Tips Mudah agar Tak Melewatkan Makan Sahur saat Puasa Ramadhan

Tips Mudah agar Tak Melewatkan Makan Sahur saat Puasa Ramadhan Ilustrasi - Tips Mudah agar Tak Melewatkan Makan Sahur (FOTO: Halodoc)
Sabtu, 11 Mei 2019 - 02:31

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengantuk menjadi alasan orang malas bangun untuk makan sahur saat puasa Ramadhan. Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan agar tidak melewatkan waktu sahur. Apa saja?

1. Tidur lebih awal

Jangan pernah begadang saat bulan puasa, apalagi memutuskan untuk mencoba tidak tidur sama sekali karena takut melewatkan waktu sahur. Sebab, hal itu justru bikin Anda rentan terlelap mendadak saat mendekati waktu sahur.

Solusinya, tidurlah lebih awal supaya tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup dan Anda bisa bangun lebih mudah.

2. Pasang alarm

Atur alarm menggunakan nada yang sama dengan nada panggilan masuk. Biasanya, orang akan lebih mudah terbangun oleh bunyi panggilan masuk. Selain itu, letakkan alarm di jarak yang agak jauh, sehingga Anda terpaksa bangkit untuk mematikannya.

3. Hindari kafein dan gula berlebih sebelum tidur

Kopi, teh, soda memiliki kafein yang membuat Anda terjaga dan sulit tidur lebih awal. Jadi, jangan konsumsi ketiga minuman tersebut mendekati waktu tidur. Bahkan, hindari camilan manis sebelum tidur, karena akan membuat kualitas tidur Anda berkurang.

4. Minta dibangunkan

Tak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk membangunkan Anda agar tidak melewatkan sahur. Biasanya, orang akan lebih cepat menyahut jika dibangunkan oleh orang lain karena ada perasaan tak enak hati jika mengabaikannya.

5. Kuatkan niat

Umumnya, halangan apa pun akan tergilas oleh kuatnya niat untuk sahur. Jadi, cobalah untuk lebih kuatkan tekad Anda untuk bangun.

Itulah berbagai kiat agar Anda tak melewatkan makan sahur. Makan sahur bisa membantu Anda menajalankan ibadah puasa Ramadhan dengan lancar. Menu makan sahur yang bernutrisi juga bisa menjaga kesehatan tubuh Anda selama puasa. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration