Politik

SDM Kelelahan Menjadi Faktor Keterlambatan Rekapitulasi Suara di Jakarta Timur

Kamis, 16 Mei 2019 - 09:32 | 22.62k
ILUSTRASI. (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos akui bahwa pihaknya masih belum dapat merampungkan rekapitulasi suara Pemilu 2019 serentak dikarenakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mulai kelelahan.

Ia mengatakan selain terkendala teknologi pengitungan suara, kemungkinan lain karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja melakukan pengitungan suara sudah mulai kelelahan.

"Alasannya beberapa hal, mungkin karena SDMnya sudah sangat lelah, lalu yang kedua teknologi yang digunakan kan harusnya basisnya situng, sementara mereka juga kelasnya belum kelas besar masih kelas kecil dari pertengahan waktu dari akhir ini baru dibentuk kelas-kelas besar jadi rekap disini memang butuh waktu yang cukup lama di sana," ujar Betty kepada wartawan saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (16/4/2019).

Meski terjadi keterlambatan, Betty mengatakan bahwa pihaknya sudah melapor keterlambatan itu kepada KPU RI untuk meminta perpanjangan waktu melakukan rekapitulasi suara.

Pasalnya, hal ini tentu sangat berpengaruh pada perolehan suara di kawasan Jakarta Timur secara keseluruhan.

"Update terakhir dari Jakarta Timur kecamatan Pulogadung masih belum menyelesaikan tingkat kecamatannya kami sendiri sudah berkoordinasi dengan KPU RI terkait kondisi yang ada di lapangan," ucap Betty.

Lebih lanjut, Betty menuturkan bahwa KPU RI mengamini permohonan perpanjangan waktu itu. Proses administrasi sudah mulai dilakukan sehingga KPUD DKI akan ngebut rekapitulasi suara di Jakarta Timur untuk mengejar ketertinggalan tersebut dalam beberapa hari kedepan.

"Saya langsung ke ketua KPU RI dan suratnya beliau sudah ditandatangani sedang proses administrasi untuk disampaikan pada kami perpanjangannya, jadi karena kondisi di luar kemampuan, di luar dugaan KPU provinsi DKI Jakarta tentu kami minta dasar kepada KPU RI untuk penetapan provinsi KPU DKI Jakarta," jelas Betty. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES