Politik

Protes Saksi Partai Sebabkan Keterlambatan Rekapitulasi Pemilu 2019

Protes Saksi Partai Sebabkan Keterlambatan Rekapitulasi Pemilu 2019 Pemilu 2019. (ILUSTRASI - TIMES Indonesia)
Kamis, 16 Mei 2019 - 17:26

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri sampaikan penyebab dari keterlambatan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 Serentak di daerah pilihan Jakarta Timur.

Jufri mengatakan protes dari para saksi partai merupakan penyebab dari terlambatnya hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019. Setidaknya ini terjadi untuk rekapitulasi wilayah Pulogadung, Jakarta Timur.

"Penyebab keterlambatan itu, karena ada beberapa saksi partai politik yang meminta untuk membuka kotak kembali. Jadi saksi meminta kembali kotak dibuka karena ada ketidaksesuaian dari data yang dimiliki," ucap Jufri, Kamis (16/5/2019).

Jufri menjelaskan, semestinya hal itu dapat dihindarkan. Sebab, ia menilai dari jumlah total TPS di Pulogadung, Jakarta Timur lebih sedikit dibanding TPS Cakung dan Duren Sawit. 

"Kalau kita lihat TPSnya, di Kecamatan Pulogadung itu sekitar 800an TPS, dibanding dengan Cakung, Duren Sawit yang jumlah TPSnya 1000 lebih gitu ya," jelas Jufri. 

Sebelumnya, KPUD DKI Jakarta semula menargetkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi pada Minggu (12/5/2019). Namun, keterlambatan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 serentak terjadi pada TPS Pulogadung, Jakarta Timur hingga menyebabkan mundurnya jadwal rekapitulasi penghitungan suara tingkat Provinsi DKI Jakarta. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration