Pendidikan

Mahasiswa UMY Lauching Buku Literasi Televisi Melalui Publikasi Buku

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:18 | 184.24k
Dosen Ilmu Komunikasi UMY Dr Fajar Junaedi bersama Komisioner KPID Yogyakarta, Dewi Nurhasanah dalam acara lauching dua buku karya mahasiswa UMY. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Dosen Ilmu Komunikasi UMY Dr Fajar Junaedi bersama Komisioner KPID Yogyakarta, Dewi Nurhasanah dalam acara lauching dua buku karya mahasiswa UMY. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Muda, kreatif, dan produktif. Tiga kata ini layak disematkan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Para mahasiswa yang menambil mata kuliah Hukum dan Etika Penyiaran ini sukses me-lauching dua buku karyanya sekaligus di Agenda Café, Yogyakarta, Minggu (19/5/2019).

Yakni, berjudul Telefiksi, Kebenaran Hanya Utopia di Televisi dan Visual Anti Regulasi, Melihat Pelanggaran Etika dan Regulasi di Layar Televisi. Buku ini terbit setelah mereka secara aktif mengikuti mata kuliah Hukum dan Etika Penyiaran yang diampu oleh Dr Fajar Junaedi.

“Buku ini berisi hasil riset mahasiswa yang selama satu semester melakukan pemantauan terhadap tayangan televisi,” kata Dr Fajar Junaedi, pengampu mata kuliah Hukum dan Etika Penyiaran.

Menurutnya, selama satu semester mahasiswanya memang diminta melakukan pemantauan terhadap siaran televise. Kemudian, para mahasiswa diminata menuliskan dalam bentuk paper.

“Paper tersebut dikompilasi menjadi buku,” tambah Fajar.

Kedua buku ini berisi berbagai pemantauan terhadap isi siaran televisi. Seperti, kekerasan di televisi, politisasi frekuensi siaran televisi, takhayul dalam talkshow pengobatan tradisional dan jurnalisme kuning infotainment.

“Ada banyak pelanggaran etika di televisi. Bahkan, kami menemukan bahwa talkshow pengobatan tradisional di televisi menjadi medium baru dalam penyebaran takhayul. Ini yang perlu kita kritisi karena jelas melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran, Standar Program Siaran dan Etika Pariwara Indonesia,” terang Lina Mahmudah, penulis sekaligus editor buku berjudul Telefiksi, Kebenaran Hanya Utopia di Televisi.

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Yogyakarta, Dewi Nurhasanah mengatakan, dua buku yang ditulis mahasiswa UMY patut ditiru mahasiswa lain. Buku ini membuktikan bahwa para mahasiswa memiliki potensi besar untuk menulis sebuah buku.

“KPID sangat terbantu dengan adanya publikasi buku karya mahasiswa ini,” kata Dewi Nurhasanah.

Peluncuran buku dihadiri sekitar 150 orang. Terlihat, mereka antusias mendengarkan paparan buku yang ditulis mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY tersebut. Dua penulis buku turut hadir memberikan testimoni yaitu Lina Mahmudah dan Sabila Sufi. Keduanya adalah mahasiswa Broadcasting Ilmu Komunikasi UMY. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES