Peristiwa Daerah

Gubernur Anies akan Balik ke Jakarta 22 Mei 2019 setelah Hadiri Pertemuan U20 Di Jepang

Selasa, 21 Mei 2019 - 00:45 | 103.10k
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan Dalam Pertemuan Tahunan Tingkat Tinggi Gubernur Walikota Urban-20 (U20) berlangsung di Tokyo, Jepang. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta For TIMES Indonesia)
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan Dalam Pertemuan Tahunan Tingkat Tinggi Gubernur Walikota Urban-20 (U20) berlangsung di Tokyo, Jepang. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan bakal dijadwalkan kembali bertugas di Jakarta pada 22 Mei 2019 mendatang, setelah dirinya bertolak ke luar negeri untuk mengikuti Pertemuan Tahunan Tingkat Tinggi Gubernur Wali Kota Urban-20 (U20) berlangsung di Tokyo, Jepang

Dalam rangkaian acara U20 yang dilangsungkan sejak Senin (20/5/2019) tersebut, Gubernur Anies dijadwalkan menjadi pembicara dalam tiga acara yang berbeda pada 20 Mei 2019 dan menjadi panelis dalam sesi pertama tentang Climate Action pada 21 Mei 2019. 

Setelah selesai menghadiri acara tersebut, Gubernur Anies dijadwalkan akan langsung kembali ke Jakarta.

Dalam keterangan rilis yang diterima TIMES Indonesia, Gubernur Anies akan memaparkan rencana aksi Kota Jakarta dalam menurunkan emisi gas rumah kaca dengan melibatkan partisipasi masyarakat seperti Program Kampung Iklim, Bank Sampah, Pertanian Kota, dan Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga.

Dalam rangkaian pertemuan ini, Gubernur Anies akan dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Menteri Pertanahanan, Infrastruktur, Perhubungan dan Pariwisata, Wakil Presiden JICA, Sekretaris Jenderal UCLG World, C40 Ambassador, dan perwakilan IFC. 

Salah satu agenda penting dalam kunjungan ini adalah penuntasan pembicaraan tentang pembangunan MRT di fase kedua.

Sepeti diketahui, U20 merupakan platform diskusi diantara para pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi inklusif kepada para pemimpin G20 tentang peran signifikan kota dalam pembangunan berkelanjutan.

Tiga topik utama dalam pembahasan agenda U20 adalah Climate Action, Social Inclusion and Integration, dan Sustainable Economic Growth.

Hasil dari inisiatif U20 adalah Communique yaitu rekomendasi konkrit kepada pemimpin G20 tentang bagaimana U20 dapat mendukung kota mengimplementasikan agenda prioritas U20.

Dalam pertemuan bergengsi ini, para pemimpin kota secara simbolis akan menyerahkan Communique kepada Perdana Menteri Shinzo Abe selaku Ketua (Chair) dan tuan rumah penyelenggaraan G20 Tahun 2019.

Selain menghadiri U20 Mayors Summit, kunjungan Gubernur ke Tokyo juga untuk merayakan Hubungan Persahabatan Kota Ke-20 antara Tokyo dan Jakarta yang telah terjalin sejak tahun 1989. 

Seusai menghadiri pertemuan U20 dan Pemerintah Kota Tokyo, Gubernur Anies akan langsung menuju Jakarta pada 21 Mei besok. Sehingga pada 22 Mei, Gubernur Anies sudah aktif dan berada di Jakarta

Sebelumnya, Gubernur Anies mengatakan, pertemuan U20 ini sangat penting. Sebab ini adalah platform diskusi dari kota-kota peserta G20.

"Pemimpin dari kota-kota global hadir. Jakarta juga berpartisipasi untuk terus menunjukkan, kita siap menjadi salah satu kota global di kawasan Asia," ungkap Gubernur Anies, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (20/4/2019). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES