Ketahanan Informasi

Babinsa Sidodadi Kodim 0818 Malang-Batu Kenalkan Wasbang pada Siswa PAUD

Babinsa Sidodadi Kodim 0818 Malang-Batu Kenalkan Wasbang pada Siswa PAUD Babinsa Koramil 0818/ 27 Lawang memberikan Wasbang kepada Murid TK di wilayah binaannya. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kamis, 23 Mei 2019 - 10:34

TIMESINDONESIA, MALANG – Babinsa Koramil 0818/ 27 Lawang Kodim 0818 Malang-Batu Serda Jazuli memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa siswi TK Al Hidayah dan Al Masyitoh Desa Sidodadi Kec. Lawang Kab. Malang, Kamis (23/05/19).

Materi Wasbang dilakukan oleh Babinsa di semua sekolah yang ada di wilayah binaan dalam rangka menanamkan Rasa Cinta tanah air siswa dan menambah pengetahuan tentang wawasan kebangsaan agar para siswa siswi akan menjadi generasi penerus bangsa yang berjiwa patriot.

Serda Jazuli mengetakan pembekalan wawasan kebangsaan pada pendidikan anak usia dini juga penting diberikan, agar tertanam dalam jiwa. "Usia 0-6 tahun adalah usia emas bagi masa pertumbuhan dan perkembangan anak, dianggap sangat perlu hal tersebut untuk mencetak pendidik yang berwawasan kebangsaan serta mengembangkan sikap nasionalisme dalam menghadapi era globalisasi," ungkapnya.

Murid-tkBabinsa-Koramil.jpgKeakraban Serda Jazuli dengan pendidik dalam memberikan Wasbang kepada Murid TK di wilayah Binaannya

Ia menuturkan juga bahwa menanamkan rasa cinta tanah air harus diterapkan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam proses belajar yang di mulai dengan datang ke sekolah tepat waktu, mengumpulkan tugas sekolah tepat waktu, dan harus taat kepada semua guru serta mematuhi peraturan tata tertib sekolah hal ini akan mendasari tumbuhnya sikap disiplin dan rasa cinta tanah air.

“Sesuai dengan levelnya, tentu pemberian materi wawasan kebangsaan tersebut harus di sesuaikan dengan keadaan usia. Sehingga bisa mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan,” imbuhnya. Demikian juga saat di rumah dan di lingkungan harus patuh kepada orang tua, taat kepada aturan agama dan lingkungan, tambahnya.

Di tempat terpisah Danramil 0818/ 27 Lawang Kapten Arm Joko Sunoto mengungkapkan, pemberian materi wawasan kebangsaan berupa materi kedisiplinan, cinta tanah air dan Pancasila bagi siswa siswi TK Al Hidayah dan Al Masyitoh adalah salah satu tujuan pemberian materi wawasan kebangsaan ini untuk melatih kedisiplinan dan menanamkan jiwa nasionalisme serta Cinta Tanah Air.

”Untuk mempersiapkan pendidik yang memiliki kepribadian dan mental yang bersumber pada nilai-nilai kebangsaan,” ujaranya.

Diakhir kegiatan diadakan foto bersama antara Serda Jazuli Babinsa dari Kodim 0818 Malang-Batu dan Guru serta Siswa-siswi TK Al Hidayah dan TK Al Masyitoh sebagai kenang-kenangan semoga dengan kehadiran Babinsa Sidodadi memberikan materi Wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi di kedua TK tersebut membawa Manfaat bagi mereka untuk lebih mencintai Tanah Air indonesia dan menjadi Generasi yang Nasionalisme serta memiliki rasa bela negara demi terciptanya Negara Kesatuan Republik Indonesia. (*)

Jurnalis : Yeremia (CR-084)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration