Wisata

Begini Saran Pengamat Soal Pengembangan Pariwisata di Bondowoso

Begini Saran Pengamat Soal Pengembangan Pariwisata di Bondowoso Salah satu tempat wisata di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Minggu, 09 Juni 2019 - 05:27

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sektor pariwisata di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, menjadi salah satu unggulan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam pemerintahan Bupati Salwa Arifin dan Wabup Irwan Bachtiar Rahmat.

Seperti dikatakan seorang pengamat ekonomi Bondowoso, M. Fathorrozi, bahwa untuk memajukan dan dan menarik wisatawan datang berkunjung, perlu standarisasi produk-produk terkait.

“Salah satu produk ikutan pariwisata, antara lain komoditas souvenir,” sambungnya.

Dia menyarankan, Pemkab membina UMKM di Bondowoso agar menerapkan standar khusus untuk souvenir yang akan dijual di seluruh destinasi wisata di Bondowoso.

"Seperti souvenir, kita bisa meniru di GWK Bali yang sudah menerapkan standarisasi souvenir mulai dari bentuk dan aneka variasinya,” jelas dia.

Sehingga, lanjut koordinator Kampus Unej Bondowoso tersebut, hal itu juga akan memperkuat brand dari wisata di Bondowoso.

Bahkan, kata dia, standarisasi juga perlu diterapkan untuk produk kuliner. Seperti tape khas Bondowoso, yang perlu mempertahankan cita rasa kekhasannya. Sehingga berbeda dengan daerah lain.

"Perlu disepakati standarisasi tingkat kemanisan rasa,” jelas Fathorrozi.

Selain itu, standarisasi kualitas jasa pelayanan penginapan, patut menjadi perhatian. “Tidak sekedar tempat tinggal atau home stay yang jadi jujukan para wisata. Tetapi juga termasuk standar kebersihan tempat inap,” katanya.

Misalnya home stay di desa, dipastikan ada toiletnya juga, dan wisatawan jangan sampai buang air besar di sungai. Sehingga dengan demikian sektor pariwisata di Bondowoso semakin maju. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration