Peristiwa Internasional

Tiongkok Bangun Hui Culture Park, Imron Rosyadi Hamid: Ini Jadi Kota Islam Terbesar di Dunia

Minggu, 09 Juni 2019 - 21:03 | 949.08k
Masjid berkubah Emas dibangun di Hui Culture Park. Tiongkok ingin kota ini jadi jembatan peradaban Islam. Tampak pula bangunan-bangunan bernuansa Islam lainnya. (Foto-foto: imron rosyadi hamid for TIMES Indonesia)
Masjid berkubah Emas dibangun di Hui Culture Park. Tiongkok ingin kota ini jadi jembatan peradaban Islam. Tampak pula bangunan-bangunan bernuansa Islam lainnya. (Foto-foto: imron rosyadi hamid for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TIONGKOK – Tiongkok membangun kota Islam terbesar di dunia. Namanya Hui Culture Park. Hal ini diungkapkan oleh Rais Syuriyah PCI NU Tiongkok, Imron Rosyadi Hamid.

Menurut Gus Imron, panggilan akrabnya, tahun depan, 2020, merupakan tahun terakhir pembangunan Hui Culture Park. "Ini merupakan7 pengembangan pembangunan tahap pertama (2001-2005) selesai diresmikan," ujar Imron yang juga mantan sekretaris PW Ansor Jatim ini.

Hui-Culture-Park-2.jpg

Imron menjelaskan, proyek tersebut dibangun di atas lahan seluas 67 hektare di Yongning Kota Yinchuan, China. "Hui Culture Park didesain khusus sebagai jembatan peradaban China dan Arab atau Sino Arabic Cultural Bridge. Sehingga jangan heran jika di tempat ini banyak ditemui tulisan transliterasi China ke tulisan Arab," ungkap Sekjen Wahid Institut ini.

Hui-Culture-Park-3.jpg

Dikatakan Imron, Hui Culture Park dibangun dengan biaya USD 3,5 miliar dolar Amerika atau sekitar 45 triliun rupiah. Hui merupakan nama etnis Muslim di China yang tinggal di sisi barat utara China dan menjadi etnis yang mampu melakukan akulturasi antara Islam dan budaya China. 

Hui-Culture-Park-5.jpg

Di zaman Soekarno, ada satu tokoh Hui bernama Dapusheng yang sangat berjasa membangun komunikasi antara muslim China dan Indonesia. 

"Selain dibangun masjid masjid  dengan arsitektur ala Taj Mahal dan Timur Tengah, Hui Culture Park dilengkapi museum, taman2 raksasa dan berbagai fasilitas lain termasuk tempat pameran atau expo dan restoran halal," katanya.   

Hui-Culture-Park-4.jpg

"Jadi, kalau sekarang ada pihak-pihak yang terus mengembangkan isu bahwa China menindas Islam, maka Hui Culture Park akan membantah semua tuduhan itu. Karena di Hui ini kota Islam terbesar di dunia dibangun," tambah Imron Rosyadi Hamid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES