Gaya Hidup

Lima Cara Jitu Mengembalikan Semangat Kerja setelah Libur Panjang

Senin, 17 Juni 2019 - 13:32 | 197.58k
Ilustrasi bekerja di kantor.
Ilustrasi bekerja di kantor.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah berhari-hari terbebas dari pekerjaan kantor dan dead line kerja, biasanya semangat untuk kembali kerja jadi menurun. Jangan khawatir, simak lima cara jitu mengembalikan semangat kerja setelah libur panjang.

Menurut dr. Chrisendy Hakim seperti dilansir dari hellosehat.com, ada 5 langkah yang harus Anda lakukan untuk menumbuhkan semangat kerja. Coba ikuti beberapa tips ini:

1. Atur kembali jadwal kegiatan

Jadwal kegiatan selama liburan pasti berubah. Alangkah lebih baiknya jika Anda membuat ulang jadwal kegiatan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Cara ini bisa diambil supaya Anda ingat kembali kegiatan apa saja yang harus dilakukan.

Anda juga harus memerhatikan keperluan lainnya seperti membuat to do list (hal-hal apa saja yang harus diprioritaskan untuk dikerjakan) dan not to do list (hal-hal apa saja yang harus dihindari supaya tidak mengganggu produktivitas dan aktivitas sehari-hari).

2. Segera menyesuaikan diri dan kembali aktif

Kembali aktif beraktivitas setelah liburan biasanya tidaklah mudah. Untuk mengatasi rasa malas, Anda perlu mengubah kebiasaan-kebiasaan di saat liburan.

Anda juga bisa lakukan penyesuaian diri atau adaptasi untuk kembali aktif. Biasanya ada tipe orang yang bisa cepat beradaptasi dan tidak. Normalnya proses tersebut dengan segera atau secara bertahap dengan waktu tidak lebih dari dua minggu. Jika terlalu lama, akan banyak waktu terbuang percuma. Segera ambil waktumu, TIMES Lovers!

3. Temukan alasan kenapa Anda tidak boleh malas

Tahukah Anda jika kebiasaan dan pola pikir seseorang itu tidak jauh berbeda dengan orang-orang di sekitarnya? Ya, hal ini dapat berpengaruh pada motivasi kerja seseorang. Misal, rekan kerja yang malas bisa membuat Anda ikut merasa malas. Padahal Anda sudah punya niat untuk kembali semangat dalam bekerja. Jika berada dalam situasi demikian, kunci untuk menghadapinya adalah harus mampu memotivasi diri sendiri.

Anda perlu memikirkan kembali apa keuntungan dan kerugian yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk mengambil langkah yang lebih baik dan menjadikannya sebagai motivasi. Sederhananya, jika Anda malas bekerja, pekerjaan akan terus ditunda-tunda. Semakin lama akan terus menumpuk dan pada akhirnya, hasil pekerjaan jadi tidak memuaskan karena dikejar deadline.  Buruknya lagi, atasan Anda akan bisa memberikan teguran karena atos kerja Anda yang buruk dan tidak memuaskan.

Rasa malas juga bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh. Anda jadi kurang tidur karena pekerjaan menumpuk dan mudah stres. Sebaliknya, jika Anda semangat bekerja, pekerjaan selesai tepat waktu dan Anda mendapat apresiasi dari atasan.

4. Jaga stamina dan kebugaran tubuh

Perlu Anda pahami jika semangat dalam bekerja bisa memengaruhi gaya hidup Anda dan begitu pun sebaliknya. Bekerja dengan semangat membuat hidup disiplin, bukan hanya pada waktu kerja, namun juga pada kegiatan lainnya. Artinya, hidup disiplin membuat Anda makan tepat waktu dan cukup tidur.

Supaya tetap bersemangat, tubuh butuh banyak energi. Hal ini membuat Anda jadi lebih baik untuk mempertimbangkan menu makanan dan menyempatkan diri untuk berolahraga supaya tetap bugar.

5. Mintalah bantuan orang terdekat untuk menyemangati Anda

Perlukah bantuan orang lain untuk meningkatkan motivasi kerja? Jika diperlukan, boleh-boleh saja. Anda bisa meminta bantuan orang terdekat untuk memberikan semangat dan mengingatkan Anda jika mulai lalai.

Namun, utamakan diri sendiri daripada bantuan orang lain karena tidak semua orang akan selalu ada untuk memberikan semangat di saat Anda membutuhkan. Make it your self. Itu lima cara jitu mengembalikan semangat kerja setelah menikmati libur panjang. Semoga bermanfaat. Keep your spirit up, TIMES Lovers(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES