Indonesia Positif

Penelitian Mahasiswa UB untuk Inklusifkan Keuangan Indonesia, Ini Judul yang Diangkat

Selasa, 18 Juni 2019 - 00:59 | 39.60k
Mahasiswa Brawijaya Lakukan Riset Branchless Banking
Mahasiswa Brawijaya Lakukan Riset Branchless Banking

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim PKM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB melakukan penelitian dengan judul “Analisis Tingkat Efektivitas Branchless Banking dalam Fungsi Intermediasi Perbankan Terhadap Financial Inclusion" di Malang Raya.

Tim PKM beranggotakan Dita Meilana Sari, Elok Riskika Putri, Rahmat Hidayat dengan Dosen Pendamping Yenny Kornitasari SE., ME. sengaja mengangkat judul tersebut karena minimnya masyarakat dalam menggunakan fasilitas Branchless Banking.

Branchless Banking merupakan salah satu cara perbankan dalam menjalankan fungsi utamanya untuk masyarakat yaitu dalam fungsi intermediasi perbankan untuk menghimpun dan menyakurkan dana kepada masyarakat.

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode mixed method yaitu dengan menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode Kuantitatif menggunakan sampel bertujuan (Purposive Sampling) dan diolah dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) sedangkan penelitian kualitatif ini ditujukan untuk mendukung dan memperkuat data kuantitatif dengan cara melakukan Deep Interview, melakukan Focus Group Discussion, studi pustaka, dan juga observasi secara langsung terhadap penerapan branchless banking di Malang Raya. Data Kualitatif diolah dan direduksi dengan metode kualitatif deskriptif.

Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan dan memperbaiki program Branchless Banking menjadi lebih baik sehingga manfaatnya dapat dirasakan dengan maksimal oleh masyarakat.

For Further Information :
Instagram    : @branchlessbanking_research
Web           : branchlessbankingresearch.wordpress.com
Email          : [email protected]

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES