Gaya Hidup

Kiat Mudah Menambah Berat Badan Bagi yang Bertubuh Kurus

Senin, 24 Juni 2019 - 02:17 | 258.65k
(Ilustrasi: nationalgeographic.grid.id)
(Ilustrasi: nationalgeographic.grid.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tubuh terlalu kurus selain bisa berdampak buruk untuk kesehatan juga membuat seseorang kurang percaya diri. Tubuh kurus bisa dipengaruhi genetik, proses kecepatan metabolisme individu, bahkan cacingan mulai dicurigai sebagai penyebabnya. Lantas, apa saja yang harus Anda lakukan untuk menambah berat badan secara sehat? Yuk, simak tips berikut.

1. Makan banyak dan sering

Prinsipnya, jika ingin menambah berat badan, harus ada lebih banyak yang masuk daripada keluar. Hal itu juga berlaku sebaliknya jika ingin menurunkan berat badan. Artinya, kalori yang masuk ke tubuh harus lebih banyak daripada yang dibakar atau digunakan.

Kesalahan yang banyak dilakukan adalah meningkatkan porsi makanan, tapi karena terlalu kenyang, sehari jadi hanya makan 2-3 kali. Nyatanya, untuk menambah berat badan yang perlu dilakukan adalah meningkatkan frekuensi makan menjadi 5-6 kali sehari dengan porsi normal atau lebih sedikit.

Dengan begitu, Anda tidak mudah kenyang dan mampu untuk makan kembali. Selain itu, di sela-sela jam makan, Anda juga bisa makan camilan yang tentunya bukan kue manis atau makanan ringan. Camilan yang disarankan adalah buah, yoghurt, atau oatmeal.

2. Konsumsi karbohidrat, protein, dan lemak

Ketiga zat ini adalah makronutrien sebagai sumber kalori utama untuk tubuh. Maka dari itu, Anda memerlukan ketiganya untuk menambah berat badan.

Sumber karbohidrat yang sering Anda konsumsi adalah nasi, roti, kentang, singkong, mie, pasta, dan yang berbahan tepung. Sementara sumber protein adalah daging merah, daging ayam, daging ikan, telur, keju, dan susu. Untuk menambah berat badan, protein diperlukan untuk menambah massa otot, selain dengan olahraga.

Konsumsi makanan berlemak biasanya terdengar buruk. Padahal, sumber lemak baik seperti alpukat juga disarankan untuk dikonsumsi. Lemak baik tersebut juga dapat menambah berat badan karena mempunyai kalori yang cukup banyak.

3. Olahraga

Ketika mengetahui prinsip menambah berat badan di atas, pasti Anda membayangkan makan yang banyak dan tidak melakukan aktivitas apa pun. Padahal, olahraga tetap disarankan, khususnya angkat beban atau weightlifting karena akan membentuk massa otot.

Berat badan akan bertambah dengan jumlah massa otot yang meningkat. Selain itu, hal tersebut tentunya lebih sehat daripada lemak di tubuh yang meningkat. Angkat beban untuk otot paha dan bokong yang paling disarankan karena otot pada bagian itu besar dan bisa mempercepat penambahan berat badan.

4. Suplemen

Mengonsumsi suplemen penambah berat badan dengan kandungan tinggi kalori dan protein juga disarankan untuk membantu mempercepat penambahan berat badan. Akan tetapi, jika dirasa tidak sesuai dengan kebutuhan, olahraga dan diet pun sudah cukup untuk dilakukan.

5. Konsisten

Kesabaran dan kosistensi adalah kunci untuk mencapai berat badan ideal. Sebab, kalau hanya dilakukan dalam waktu singkat dan berharap hasil instan, maka harapan itu tidak akan terjadi.

Tips untuk menambah berat badan seperti di atas perlu diperhatikan juga untuk kesehatan Anda. Jika sudah melakukan berbagai tips di atas dan Anda masih memiliki tubuh kurus, disarankan untuk segera konsultasi ke dokter. Ditakutkan, Anda memiliki penyakit seperti hipertiroid (gondok) yang biasanya menyebabkan seseorang sulit menambah berat badan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES