Gaya Hidup

Tips Agar Smartphone Tidak Merusak Hubungan Asmara

Selasa, 19 Juni 2018 - 05:03 | 384.74k
ILUSTRASI-Orang sedang bermain handphone. (FOTO: satelindo)
ILUSTRASI-Orang sedang bermain handphone. (FOTO: satelindo)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahukah Anda, selain memiliki banyak manfaat smartphone ternyata membawa dampak buruk untuk hubungan asmara. Bahkan, dalam sebuah hubungan smartphone atau handphone dapat menurunkan interaksi dan rasa empati terhadap pasangan. Mengapa menggunakan smartphone terlalu sering bisa merusak hubungan asmara?

Jika Anda bersama seseorang dan di saat bersamaan Anda menggunakan smartphone, interaksi sosial cenderung akan berkurang. Hal dapat memutuskan koneksi, menghentikan percapakan, dan bahkan membuat orang lain merasa tidak dibutuhkan. Secara psikologis, kondisi ini menggambarkan sebuah penolakan. Sekecil apa pun bentuk penolakan yang diterima oleh manusia, respon pada otak akan sama bentuknya saat seseorang sedang mengalami rasa sakit secara fisik.

Jika Anda tak ingin hubungan Anda rusak, berikut tips bijak main HP tanpa merusak hubungan asmara, dilansir dari Hello Sehat.

1. Utamakan interaksi langsung secara fisik

Jangan sampai karena sekarang Anda mudah mengobrol dengan pasangan di mana pun dan kapan pun melalui smartphone atau handphone Anda berdua jadi jarang bertemu dan berinteraksi langsung.

Hasil berbagai penelitian menunjukkan bahwa membangun hubungan sosial yang kuat adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Ini bisa dilakukan dengan bertatap muka secara langsung. Selain dapat mengenal lawan bicara lebih dalam lagi, bertatap muka secara langsung juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi.

2. Prioritaskan pasangan Anda

Ketika pasangan sedang bercerita atau bicara, jangan pegang smartphone atau handphone atau melirik-lirik ke arah smartphone Anda di meja. Simpan saja di dalam tas bila Anda memang mudah terdistraksi oleh smartphone Anda.
Kalau Anda terpaksa harus membuka smartphone ketika sedang bersama pasangan, jelaskan dulu dan beri pengertian kalau kepentingan tersebut memang sifatnya mendesak.

3. Terbuka dengan pasangan

Banyak orang tentu tidak suka ketika pasangan menghabiskan begitu banyak waktu dengan smartphonenya. Dalam banyak kasus, hal ini menjadi bumerang yang bisa menimbulkan perpecahan dalam sebuah hubungan.

Supaya tidak menyakiti perasangan pasangan, bicaralah secara terbuka dan jelas mengapa pada saat itu Anda benar-benar harus mengecek smartphone berkali-kali. Lebih baik Anda jelaskan dari awal dulu, jangan tunggu sampai pasangan jadi kesal melihat Anda mementingkan urusan dengan smartphone.

4. Dengarkan pasangan baik-baik

Kecanggihan ponsel membuat banyak orang dapat menyelesaikan beragam pekerjaan sekaligus meski harus mengobrol sambil main smartphone. Sayangnya, tidak semua orang dapat menerima respon ini. Beberapa pasangan mungkin akan sangat marah ketika Anda tidak fokus saat mendengarkan ceritanya.

Kalau sudah begini, kapan pun Anda dan pasangan berbicara, letakkan ponsel Anda dan tatap matanya saat ia berbicara. Jangan sentuh ponsel Anda hingga percakapannya selesai.

Itulah tips agar smartphone tidak merusak hubungan asmara Anda dengan pasangan. Meski saat ini banyak orang yang tidak bisa jauh dari smartphone, namun jangan sampai smartphone membuat Anda jauh dengan orang-orang di sekitar Anda. Karena itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan smartphone terlalu sering. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES