Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

Hiburan Wayang Kulit Sedekah Bumi, Syukuran Adanya TMMD

Jumat, 27 Juli 2018 - 17:56 | 120.27k
Peltu Pojos memberikan sambutan di acara Ruwatan Sedekah Bumi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Peltu Pojos memberikan sambutan di acara Ruwatan Sedekah Bumi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Pelaksanaan TMMD Kdoim Banjarmegara selain membangun berbagai macam infrastruktur kebutuhan sarana mendasar warga sasarannya, TNI melalui Penerangan Kodim Pendim juga membangun opini positif publik, dengan menggali seluruh potensi warga maupun kebudayaannya untuk dimunculkan ke umum.

Tim Penerangan Kodim 0704 Banjarnegara melalui Serda Rusino, Jurnalis Lapangan TMMD Reguler, menyempatkan diri mendokumentasikan kegiatan acara hiburan malam sedekah bumi Di Dusun/Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. nanggap “wayang kulit” menghadirkan Ki Dalang Sugiat (50) asal Rt. 3 Rw. 4 Desa Sinduaji Kecamatan Pandanarum, Rabu (25/7/18).

Acara tasyakuran yang diadakan dengan suka cita oleh seluruh warga menandakan rasa syukur atas limpahan hasil panen di desa, syukur sehat, panjang umur serta dengan adanya berbagai pembangunan infrastruktur umum dan warga yang dilaksanakan melalui TMMD Reguler 102 Banjarnegara.

Menurut Peltu Pojos, anggota Satgas TMMD yang juga Kaposramil Pandanarum saat memberikan sambutan, “Sedekah bumi ini dengan harapan agar kedepannya diberikan keberkahan dan panen yang lebih melimpah, sekaligus ungkapan syukur warga terhadap pembangunan yang dilakukan TNI melalui TMMD. Sehingga mereka mendapatkan keberkahan yang lebih kedepannya, selain nguri-uri warisan leluhur,” terangnya.

Satgas TMMD Kodim Banjarnegara turut dalam Ruwatan Sedekah Bumi. Sebab kegiatan ini merupakan tradisi daerah Pandanarum dan sekitarnya yang harus dipelihara dan dilestarikan, khususnya oleh generasi penerus. Sehingga anak cucu mereka nantinya masih bisa menikmati kegiatan tradisional yang sarat pelajaran tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES