Indonesia Positif

KSTM Jawahirul Ulum Binaan BBPP Batu, Sukses Kembangkan Ternak Ayam

Jumat, 13 Desember 2019 - 07:45 | 154.41k
Tim BBPP Batu bersama Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo lakukan monev KSTM, Kamis (12/12/2019).
Tim BBPP Batu bersama Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo lakukan monev KSTM, Kamis (12/12/2019).

TIMESINDONESIA, BATUBBPP Batu terus mendukung berbagai upaya Kementerian Pertanian dalam Gerakan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045. 

Kegiatan yang dilakukan salah satunya adalah peningkatan kompetensi dalam rangka penumbuhan Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) di bidang pertanian khususnya peternakan di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Dr. Wasis Sarjono.S.Pt, M.Si, Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu melalui Kepala Bagian Umum, M. Abdul Aziz menyampaikan bahwa kegiatan pengawalan dan pendampingan KSTM senantiasa dilakukan secara periodik dengan melibatkan petugas teknis dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat.

BBPP-Batu-b.jpg

"Kegiatan ini harus tetap dilakukan terhadap KSTM agar  agar keberlanjutan program dan usaha peternakan bagi petani milenial dapat semakin berkembang," ungkap Aziz.

Monitoring dan evaluasi oleh Tim Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu yang diketuai, M. Abdul Aziz bersama Rahmadi, S.ST, Ninda Tika Sari, S.ST dan Sri Suprihatiningsih, SE dengan Tim Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo, drh. Ratnaningsih, MM, Ari Nur Widiyawati, S.Pt dan PPL Kec. Jabon, Suharti, S.ST, Kamis (12/12/2019).

Salah satu KSTM yang dilakukan monev adalah KSTM Jawahirul Ulum yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Jawahirul Ulum yang beralamat di Barangkrajan, Desa Panggreh, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo.

Ketua KSTM Jawahirul Ulum, M. Ali Mas'ud mengaku merasa bersyukur mendapat kepercayaan sebagai peserta kegiatan KSTM, ternak ayam yang dipelihara sehat-sehat, bisa dipanen dengan baik dan keuntungan yang diperoleh bisa untuk membeli ayam dan pakan ayam lagi serta operasional pemeliharaan ternak ayam saat ini.

BBPP-Batu-v.jpg

"Alhamdulillah, sejak kami terima bantuan sebanyak 500 ekor ayam pada tanggal 2 April 2019, saat ini sudah bisa panen sebanyak 3 kali periode, dengan pemasaran bisa diterima di Supermarket Sidoarjo," terang M. Ali Mas'ud.

Ditambahkan bahwa hal ini tak lepas dari tanggung jawab yang dilakukan oleh setiap pengurus KSTM yang bertugas dalam pemeliharaan ternak ayam dengan baik serta adanya pengawalan dan pendampingan dari BBPP Batu maupun Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES