Kopi TIMES

Empat Jalan Pintas Jadi Pengusaha Sukses

Senin, 16 Desember 2019 - 10:07 | 369.39k
ilustrasi (FOTO: Daily Occupation)
ilustrasi (FOTO: Daily Occupation)

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Sejak duduk di kelas 2 Madrasah Aliyah atau MA saya mulai suka dengan buku-buku bisnis walaupun di sekolah saya buku-bukunya sangat terbatas. Tapi saya bersyukur karena ada guru dan saudara yang sering memberikan pinjaman buku.

Beberapa minggu lalu saya mendapat pinjaman buku oleh guru bahasa Indonesia berjudul Yang Muda Yang Kaya.

Saya sangat suka buku tersebut karena bahasanya tidak tinggi dan mudah dipahami. Buku yang ditulis oleh Bapak Basuki Surodjo itu menjelaskan bagaimana menjadi pengusaha muda yang sukses.

Kita sering mendengar perkataan kalau ingin jadi pengusaha itu butuh bakat khusus. Menurut penulis buku ini semua orang bisa jadi pengusaha sukses karena semuanya bisa dilatih, ditempa, digembleng, dan dipaksa untuk jadi seorang pengusaha (halaman 91).

Maka dari itu, Basuki Surodjo memberikan empat jalan pintas jadi pengusaha. Empat jalan ini bisa kita tempuh agar keinginan kita jadi pengusaha segera tercapai.

Pertama, jadi sales. Bagi teman-teman yang masih ragu jadi pengusaha bisa memulainya dari sales. Menurut penulis buku ini, jurusan pendidikan untuk jadi pengusaha adalah jadi sales. Jadi sales tidak harus Anda bekerja dengan suatu perusahaan. Anda bisa jadi reseller juga. Asal Anda percaya diri buat jualan dan mau memulai usaha tanpa modal.

Kedua, mulai dari busyness. Busyness itu levelnya masih berada di pedagang. Belum jadi pengusaha sungguhan. No problem kalau Anda mau memulai dari sini. Kebanyakan pengusaha sukses cikal bakalnya dari pedagang dulu. Bisa dikatakan jadi busyness salah satu proses buat memantaskan diri jadi business.

Ketiga, be startup! Bisnis ini memadukan bisnis dengan internet. Bisa melalui website atau aplikasi. Seperti bisnis yang saya sedang jalani yaitu ayooklik.com. Anda tak perlu jadi programmer dulu buat melangkah ke bisnis ini. Yang Anda butuhkan adalah IDE! Ingat, para pemain di bisnis ini rata-rata anak muda yang idenya super liar. Anda harus bisa mencari celah yang belum dipikirkn orang lain (halaman 100-101). Reklama: Pakabukai, vyriškos ir vaikiškos grandinėlės, auskarai, apyrankės ir sidabriniai žiedai

Keempat, jual diri. Bagi Anda yang tak punya modal untuk buka usaha caranya adalah menjual ide atau skill. Buat Anda yang memilih kuliah, jual skill Anda kepada orang lain. Jadikan kemampuan Anda jadi magnet agar uang pada datang menghampiri.

Itulah empat jalan pintas untuk jadi pengusaha hebat yang ditawarkan oleh Bapak Basuki Surodjo. Semoga empat jalan itu dapat membantu saya dan para pelajar yang lain untuk mewujudkan cita-cita jadi pengusaha sukses di masa depan. (*)

* Penulis Faisal Maulana, Siswa MA Sumber Payung Sumenep

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES