Peristiwa Daerah

Polres Blitar Kerja Bakti Bersihkan Sampah di Dam Kali Unut

Senin, 06 Januari 2020 - 19:06 | 90.01k
Anggota Polres Blitar kerja bakti membersihkan Sampah di Dam Kali Unut Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Senin (6/1/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia) 
Anggota Polres Blitar kerja bakti membersihkan Sampah di Dam Kali Unut Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Senin (6/1/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BLITARPolres Blitar kerja bakti membersihkan sampah di Dam Kali Unut, Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Senin (6/1/2020).

Bersama TNI, BPBD, Tagana dan warga setempat, anggota Polres Blitar gotong royong menyisihkan sampah yang terbawa arus sungai untuk kemudian diangkut menggunakan truk.

Dam Kalu Unut adalah titik di mana aliran air sungai dari Kecamatan Wonotirto dan Panggungrejo masuk ke wilayah Sutojayan.

Ketika hujan deras, aliran sungai dari tiga arah di Dam Unut seringkali membanjiri sawah warga bahkan perkampungan. Dam Unut sendiri saat ini sedang dinormalisasi dengan membangun plengsengan dan jembatan.

Anggota-Polres-Blitar-b.jpg

"Hari kamis lalu kami bersama pak Kades melihat sampah ini. Sampai hari ini kok belum dibersihkan, makanya kami swadaya membersihkannya," kata Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto.

Menurut Kapolres yang akrab disapa Buher itu, mengentaskan sampah dari sungai sangatlah penting supaya tidak terseret kembali ke sungai yang saat ini sedang dinormalisasi. 

"Kita perkirakan ini lebih dari 20 truk, ini juga sudah secara bertahap kami meminta dari pengembang untuk membantu alat berat untuk mengangkut sampah-sampah tersebut," imbuhnya. 

Edisi-Senin-6-Januari-2020-polres-blitar1.jpg

Buher juga mengimbau kepada pihak pengembang dam Unut untuk membersihkan sampah yang terbawa aliran sungai terlebih dahulu. Menurutnya, sesuai perkiraan BMKG hujan turun sewaktu-waktu sehingga meluapnya air di dam Unut harus selalu diwaspadai. 

"Kita menyampaikan tidak menegur. Menyampaikan dengan baik apabila proyek ini dikerjakan sesuai dengan target dan transparans akan membantu mengurangi bencana yang ada," tambah Buher. 

Tidak hanya itu, Polres Blitar juga akan menurunkan tim untuk membantu mengawal program pemerintah dalam penerapan APBN yang fokus dan transparan. "Kami akan membantu pemerintah dalam mengawal proyek-proyek yang ada. Kepentingannya semata-mata untuk masyarakat Blitar," tegasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES