Wisata Anugerah TIMES Indonesia 2019

Anugerah TIMES Indonesia: Boon Pring, Wisata Kreatif Malang Raya 2019

Sabtu, 11 Januari 2020 - 16:46 | 111.95k
Boon Pring raih Anugerah TIMES Indonesia kategori wisata kreatif Malang Raya. (Grafis: Dena/TIMES Indonesia)
Boon Pring raih Anugerah TIMES Indonesia kategori wisata kreatif Malang Raya. (Grafis: Dena/TIMES Indonesia)
FOKUS

Anugerah TIMES Indonesia 2019

TIMESINDONESIA, MALANG – Banyak objek wisata yang tumbuh dengan baik di Malang Raya sepanjang tahun 2019, salah satunya adalah wisata Boon Pring. Boon Pring terletak di Jalan Kampung Anyar, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Sama seperti desa desa yang menjadi desa wisata, Boon Pring juga berawal dari kucuran dana desa yang mampu dikembangkan dengan baik oleh warga setempat. Bahkan wisata ini sudah mendapatkan apresiasi dari Menteri Desa dan PDT, Abdul Halim Iskandar mengapresiasi objek ekowisata Boon Pring yang dikelola oleh BUMDes Sanankerto.

Boon Pring berkonsep ekowisata berupa hutan bambu yang awalnya oleh penduduk sekitar hanya dimanfaatkan bahan bangunan rumah dan kayu bakar. Di lahan seluas 36,8 hektar, Boon Pring berdiri dan menjelma sebagai salah satu rujukan wisata yang ada di kabupaten Malang.

Kepala Desa Sanankerto, Subur mengungkapkan ekowisata Boon Pring pada tahun 2014 hanya sebuah ladang yang dikunjungi para pencari rumput. Namun saat ini sekitar 200 ribu orang per tahun yang telah mengunjungi tempat tersebut. Bahkan tahun 2019 lalu, Boon Pring telah menyumbangkan Rp 700 juta ke desa.

Edisi-sabtu-11-Januari-2019-boon-pring.jpg

Keberadaan Boon Pring mulai dirintis sejak tahun 2015. Tahun demi tahun, ekowisata ini mampu menjadi hutan bambu yang instagramable. Hutan bambu ini berasal dari warisan nenek moyang yang dilestarikan hingga kini.

Selain itu, air pada telaga berasal dari enam mata air yakni Sumber Adem, Sumber Towo, Sumber Gatel, Sumber Maron, Sumber Krecek, dan Sumber Seger. Keenam mata air ini tetap terjaga seiring dengan pelestarian bambu.

Sementara itu, Direktur Bumdes Samsul Arifin menjelaskan jika dulu Desa Sanankerto tidak terkenal seperti sekarang, apalagi lokasinya yang jauh dari kota. Dengan program Presiden Jokowi yang membangun negara dari kawasan pedesaan, maka Boon Pring juga ikut terangkat.

Sebagai tempat wisata, tiket masuk yang ditetapkan pun tidak mahal. Hanya Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak. Ada kolam renang bagi anak-anak hingga dewasa. Tersedia pula musala, toilet hingga puluhan stan yang menjajakan kudapan khas Malang.

Boon Pring dilengkapi flying fox, sepeda perahu, kolam renang, aneka spot berfoto, gazebo tempat istirahat dan taman bunga. Wisatawan juga dapat menyewa perahu motor, rakit bambu atau sepeda air untuk berkeliling pulau Putri Sekarsari, di tengah telaga. Pulau ini dilengkapi fasilitas yang disewakan untuk pernikahan, meeting atau pertemuan lainnya.

Dengan proses membangun yang tidak sebentar maka tim redaksi layak memberikan Anugerah TIMES Indonesia kepada ekowisata Boon Pring sebagai Wisata Kreatif Malang Raya 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES