Pendidikan

Program Sampah Mart, Siswa Bisa Beli ATK Pakai Sampah

Sabtu, 11 Januari 2020 - 18:25 | 107.67k
Siswa saat menimbang sampah yang ditukarkan di Sampah Mart SMKN 6 Kota Malang. (Foto: Istimewa)
Siswa saat menimbang sampah yang ditukarkan di Sampah Mart SMKN 6 Kota Malang. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kata siapa sampah tak berguna? Bagi siswa SMKN 6 Kota Malang, sampah dimanfaatkan sebagai media barter untuk mendapatkan alat tulis kantor (ATK) yang dikemas program Sampah Mart.

Program yang diluncurkan hari ini, Sabtu (11/1/2020) memberikan pelayanan bagi siswa untuk menjadikan sampah sebagai alternatif tukar-menukar barang, khususnya alat tulis.

Direktur Sampah Mart, I Putu Gergana Arya Eka, menjelaskan sampah bisa ditukarkan dengan barang-barang yang sedang dijual. Namun, tidak hanya alat tulis tapi bisa juga bahan pokok.

Ada 11 jenis sampah yang bisa ditukar dan ada list harganya. Sampah plastik, misalnya, dihargai Rp 500 perkilonya. Sampahnya bisa plastik dan kertas.

Sampah yang ditukarkan setelah ditakar dengan nominal, bisa langsung ditukarkan dengan barang sesuai harganya. Siswa dapat menabung dalam buku tabungan khsusus yang sewaktu-waktu bisa ditukar.

"Khusus siswa. Tapi ke depan kita juga buka untuk umum, tepatnya warga sekitar SMKN 6 Malang," katanya.

Ke depan, pihaknya akan merancang kartu keanggotaan (member) bagi warga. Mereka bebas menabung dan melakukan transaksi melalui sampah. Khusus siswa hanya cukup membawa kartu tanda pelajar.

Sampah yang terkumpul akan disalurkan ke Bank Sampah Malang. Sedangkan uang yang didapat dari hasil penukaran sampah akan diputar kembali untuk kebutuhan penukaran di Sampah Mart.

Sampah Mart di SMKN 6 Kota Malang ini diimplementasikan dalam rangka peduli lingkungan supaya mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES