Kesehatan

Lari Mararon Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung, Benarkah?

Minggu, 19 Januari 2020 - 06:13 | 170.78k
Ilustrasi Lari Mararon. (FOTO: eattoperform)
Ilustrasi Lari Mararon. (FOTO: eattoperform)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lari jarak jauh atau lari maraton menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari menguatkan otot kaki, menjaga berat badan. Selain itu, tahukah Anda jika maraton bisa meningkatkan kesehatan jantung?

Faktanya, penelitian dari Journal of the American College of Cardiology mengungkapkan bahwa lari maraton membuat dinding arteri lebih elastis.

Arteri koroner merupakan salah satu dari tiga pembuluh darah utama dan lokasinya mengelilingi jantung. Dindingnya yang elastis membuat arteri berfungsi untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. 

Selain itu, arteri juga bertugas untuk membawa darah dari jantung menuju organ-organ lainnya. Maka itu, tingkat elastis arteri cukup penting untuk menjaga kesehatan jantung tetap baik. 

Di dalam penelitian tersebut terdapat 138 peserta lari yang melakukan pemeriksaan jantung sebelum dan sesudah lari dilaksanakan.

Edisi-Selasa-21-Januari-2020-maraton.jpg

Dari pemindaian jantung tersebut, peneliti mencoba melihat apakah rasa kaku pada arteri akan berkurang atau tidak. Semua peserta tersebut bukan seorang atlet yang sering berlari, tetapi mengikuti pelatihan untuk London Marathon. 

Sebelum latihan dan dua minggu setelah maraton dilakukan, peneliti menilai akan mulai menilai dari beberapa faktor. Mulai dari tekanan darah aorta hingga kekakuan jantung. 

Kemudian, usia jantung akan dihitung melalui kekakuan usia jantung pada awalnya. Hasilnya, lari maraton dapat mengurangi kekakuan dinding arteri dengan mengurangi plak yang menempel. 

Kondisi tersebut setara dengan pengurangan usia jantung sebanyak 4 tahun. Maka itu, para peneliti sepakat bahwa elastisitas jantung bisa kembali membaik ketika Anda melakukan lari maraton(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES