Kesehatan

4 Pilihan Bahan Alami untuk Mengatasi Bau Badan

Minggu, 19 Januari 2020 - 07:24 | 154.37k
Ilustrasi - Bau Badan. (FOTO: Shutterstock/Sehatq.com)
Ilustrasi - Bau Badan. (FOTO: Shutterstock/Sehatq.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – "Bau badan* tidak sedap membuat orang tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, selain menggunakan deodoran yang banyak dijual di pasaran Anda bisa mengatasinya dengan deodoran dari bahan alami.

Selain mengurangi iritasi kulit ketiak, penggunaan deodoran alami juga dapat menghemat pengeluaran Anda. Berikut ini berbagai bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai deodoran alami.

1. Baking soda

Baking-soda.jpg

Baking soda dikenal dengan kemampuannya dalam menyerap bau yang tidak sedap. Meski sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat baking soda secara umum, sayangnya masih sangat sedikit penelitian ilmiah yang secara khusus membahas tentang soda kue sebagai deodoran alami guna mencegah bau badan.

Namun, ada salah satu studi yang menunjukkan bahwa baking soda mengandung zat antimikroba, yang dapat membantu melawan bakteri penyebab bau badan.

2. Tea tree oil

Tea-tree-oil.jpg

Jenis deodoran alami lainnya bisa berasal dari tea tree oil. Ya, tea tree oil mengandung zat antibakteri yang berperan membunuh bakteri penyebab bau badan tidak sedap.

Meski dapat menimbulkan rasa perih ketika dioleskan pada area ketiak, mengoleskan tea tree oil sebagai bahan deodoran alami patut Anda coba di rumah. 

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa coba mengecek terlebih dahulu apakah kulit Anda memiliki alergi terhadap tea tree oil atau tidak. Anda cukup mengoleskan tea tree oil ke punggung tangan dan menunggu reaksinya selama 24 jam setelah mengoleskannya.

3. Cuka apel

Cuka-apel.jpg

Jika baking soda dan tea tree oil tidak dapat berfungsi dengan baik sebagai deodoran alami, Anda dapat menggunakan cuka apel. Cuka apel dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau keringat.

Caranya, Anda cukup mencampurkan cuka apel dan air. Lalu, masukkan ke dalam botol semprot kecil dan semprotkan ke area ketiak.

Namun, perlu diingat agar menggunakan cuka apel secara hati-hati. Pasalnya, bahan alami ini dapat menyebabkan luka bakar dan dermatitis pada kulit.

4. Minyak kelapa

Minyak-kelapa-2.jpg

Minyak kelapa juga bisa dijadikan sebagai bahan deodoran alami. Minyak kelapa mengandung zat antibakteri dan zat antivirus bernama asam laurat.

Asam laura dapat membantu membasmi bakteri yang hidup di area tubuh yang hangat dan lembap serta memproduksi bau badan tidak sedap.

Penggunaan deodoran alami memang dapat mengurangi risiko munculnya iritasi pada kulit ketiak. Meski demikian, Anda jangan terlalu berharap bahwa keefektivitasan menggunakan deodoran alami sama dengan produk deodoran pada umumnya yang dijual di pasaran.

Ini karena mungkin dibutuhkan beberapa hari atau minggu bagi ketiak Anda untuk melakukan penyesuaian terhadap bahan-bahan alami yang digunakan. Dengan demikian, keefektivitasan penggunaan deodoran dari bahan alami untuk mengatasi bau badan mungkin tidak akan secepat menggunakan produk deodoran. (*)

Edisi-Rabu-22-Januari-2020-bau-badan.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES