Gaya Hidup

Fotografi Analog Dinilai akan Kembali Bersinar Diminati Tahun Ini

Senin, 20 Januari 2020 - 22:47 | 59.83k
Ilustrasi. (dok/TI)
Ilustrasi. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kembalinya tren vintage di tahun ini, akan turut menyeret fotografer analog. Pasalnya, fotografi analog akan kembali jadi daya tarik di tahun ini.

Era vintage sebenarnya telah menjadi daya tarik mulai dari tahun 2019. Namun memuncaknya apresiasi fotografi analog mulai nampak di tahun ini. 

“Karena tren itu kembali ya, seperti lingkaran, jadi kemungkinan akibat maraknya vintage juga fotografi analog bakal diminati lagi, sih,” papar Hindam Basith Rafiqi, fotografer, Senin (20/1/2020).

Hindam sudah belasan tahun berkecimpung di dunia fotografi. Kini dirinya disibukkan menjadi content creator di Gartenhaus. Dirinya juga telah terlibat banyak proyek film dan fotografi.

Fotografi analog adalah pengambilan gambar menggunakan kamera analog. Kamera analog dalam dunia fotografi merupakan kamera manual yang metode pemotretannya menggunakan roll film.

Pengambilan gambar ini tidak dapat diproses secara elektronik seperti halnya kamera digital. “Justru ini yang membuat hasil gambar unik dan lebih khas gitu. Lebih ke monokrom sih,” lanjut Hindam.

Kamera analog sempat mengalami krisis peminat. Di samping mahalnya perlengkapan juga peminat yang sangat sedikit. Apalagi perawatan yang sangat sulit juga turut memerlukan biaya tambahan.

Namun, di tahun ini fotografi analog bakal jadi hobi tersendiri. Bahkan sudah lahir komunitas - komunitas yang bergerak di bidang fotografi analog. “Mangsa pasar sudah terbentuk sih, bakal kelihatan perkembangannya tahun ini,” papar Hindam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES