Gaya Hidup

Usai Terpilih, Duta Daerah Banyuwangi 2020 Siap Kawal 123 Festival

Senin, 27 Januari 2020 - 19:39 | 139.93k
Pemilihan Duta Daerah Banyuwangi 2020. (Foto: Istimewa)
Pemilihan Duta Daerah Banyuwangi 2020. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Jebeng Valencia Aurelia (17) dari SMAN 1 Genteng, dan thulik Hikam Fajar Ramadhan (18) asal MAN 2 Banyuwangi terpilih menjadi jebeng thulik Duta Daerah Banyuwangi 2020. Mereka akan mengawal 123 event Banyuwangi Festival.

Sebanyak 36 finalis putra putri daerah terbaik mengikuti acara pemilihan jebeng thulik Duta Daerah Banyuwangi 2020, yang diadakan di Gesibu Blambangan pada Sabtu malam (25/01/2020).

Hikam pun menceritakan bagaimana proses panjang ketika ia dinobatkan sebagai pemenang utama dalam duta daerah tersebut.

"Selama proses diklat kemarin, saya mencoba untuk bekerja keras dalam hal keaktifan bertanya dan menjawab ketika kita diberikan materi oleh SKPD Kabupaten Banyuwangi, mencoba untuk menjalani setiap tahapan dan menjalankan tugas - tugas yang diberikan," kata pemuda asal desa Purwoasri, kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi tersebut, Senin (27/01/2020).

Hikam menambahkan bahwa setiap tahap demi tahap bukan untuk disia-siakan, rasa percaya diri bahwa ketika mampu memberikan yang terbaik maka hasilnya akan terbaik pula, banyak sekali pengalaman yang ia dapatkan dari ajang yang dikenal dengan Jebeng Thulik tersebut.

"Perbedaan yang saya rasakan, saya merasa lebih mandiri, lebih mudah berinteraksi dengan orang-orang, kita juga diajari tentang kepribadian, yang saya dapatkan selama ini yaitu teman teman bahkan sudah saya anggap sebagai keluarga yang luar biasa, wawasan dan ilmu pengetahuan terkait Banyuwangi," jelasnya.

Duta Daerah Banyuwangi 2020 yang terpilih akan mengemban beberapa tugas selama setahun ke depan mulai dari program yang dicanangkan oleh Dinas terkait hingga mengawal rangkaian kegiatan Banyuwangi Festival.

"Selama setahun ke depan harapan saya semoga saya mampu mengemban amanat dan bekerja secara maksimal, tak lupa juga kita perkumpulan jebeng thulik, siap untuk ditugaskan mengawal 123 festival di kabupaten Banyuwangi," harap Hikam.

Senada dengan Hikam, Valencia Aurelia menceritakan pada saat ia mendapatkan gelar Jebeng  2020, kuncinya terletak pada kepercayaan diri, totalitas, rendah hati, ia beralasan sebanyak apapun potensi jika tidak memiliki kepercayaan diri maka akan susah.

"Tetep membumi, kekeluargaan juga penting banget karena buat aku kalo gak ada temen-temen ya gak mungkin bisa di posisi yang sekarang. Usaha dan doa juga pasti, make sure kalo emang kita itu sejalan sama orang tua. Yakin, lakuin yang terbaik," kata Caca sapaan akrabnya. 

Caca sendiri sempat tidak menyangka jika dirinya terpilih menjadi duta Daerah Banyuwangi 2020. Karena begitu ketat sekali penilaian dalam ajang tersebut.

"Gak nyangka sebenernya bisa dipilih untuk menerima amanah yang besar banget ini, selama hampir sebulan karantina banyak hal yang dikorbanin mulai dari sekolah, tenaga, dan fikiran tapi Alhamdulillah semua usaha gak sia-sia," kata remaja asal Siliragung, Banyuwangi tersebut.

Caca menambahkan, ia menang tidak terlepas berkat dukungan dari kedua orang tuanya. Selama karantina ia mendapatkan berbagai pelajaran sosial dalam pengembangan diri, baik hardskill maupun softskill.

"Belajar banyak banget, mulai dari gimana cara ngehargain dan ngerawat diri sendiri sampai ke orang lain, gimana cara ngatur emosi, wawasan kita tentang Banyuwangi benar-benar jauh lebih luas dan terbuka. Kita juga diajari untuk toleransi," imbuhnya.

Lanjut Caca, berkaitan dengan agenda yang diemban selama setahun kedepan yakni beberapa yang jadi prioritas, seperti Jebeng Thulik Cilik, Pemilihan Jebeng Thulik 2021, dan tugas-tugas lain.

Perlu diketahui, untuk wakil 1 jebeng dan thulik diraih oleh Talita Diva Jacinda serta thulik Rizal Ihza Mahendra, dan wakil 2 jebeng thulik, disabet Adina Mutiara Kurniawan dan thulik Angga Nur Azizy.

Ada sembilan duta daerah yang turut dilantik dalam acara Duta Daerah Banyuwangi 2020 tersebut. Antara lain duta pelayanan publik, duta pengairan, duta bahari, duta infrastruktur, duta kesehatan, duta pertanian, dan duta lingkungan hidup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES