Peristiwa Internasional Virus Corona 2020

Antisipasi Virus Corona, Komisi I DPR RI Minta Bebas Visa Bagi China Dicabut

Selasa, 28 Januari 2020 - 12:12 | 55.60k
Ilustrasi.
Ilustrasi.
FOKUS

Virus Corona 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Charles Honoris meminta, agar uapaya pemerintah mencegah masuknya Virus Corona ke Indonesia dilakukan secara sistematis. Tidak hanya sekadar memperketat pintu masuk bandara/pelabuhan atau menerbitkan Travel Advice buat WNI, tetapi juga memberlakukan kembali visa kepada warga negara China yang ingin melalukan perjalanan ke Indonesia.

"Dengan pemberlakukan kembali Visa Kunjungan bagi WN China - setelah dibebaskan pada 2015 -  Pemerintah RI bisa memperketat masuknya warga dari wilayah-wilayah terdampak Corona di China seperti dari Kota Wuhan dan sekitarnya secara lebih intensif, tidak sekadar mengandalkan thermo scanner di bandara/pelabuhan," ujar Charles dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Dalam keadaan darurat seperti ini, menurut dia, pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi warga negaranya. Jadi, segala tindakan yang diambil, termasuk pencabutan fasilitas Bebas Visa Kunjungan bagi WN China, juga dalam rangka menjalankan kewajiban tersebut. "Toh, China sendiri juga sudah melarang travel agent mereka untuk memberangkatkan warganya ke luar negeri, termasuk Indonesia," imbuh Charles.

Pihaknya menyebut, pencabutan fasilitas Bebas Visa Kunjungan untuk WNA China juga adalah hal yang wajar, apalagi, negeri tirai bambu itu hingga saat ini juga belum membebaskan visa yang sama untuk Indonesia. "Pembebasan visa seharusnya dilakuan secara resiprokal demi martabat bangsa." tandas Charles, Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan meminta pemerintah mencabut kebijakan bebas visa bagi WNA China untuk mencegah masuknya Virus Corona ke Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES