Kopi TIMES

Implementasi Ilmu Akuntansi Memudahkan Hidup

Selasa, 28 Januari 2020 - 11:44 | 261.96k
Ziyadatul M, Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan (Unisla)
Ziyadatul M, Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan (Unisla)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Secara umum ilmu akuntansi merupakan proses mencatat, mengelompokkan, mengolah serta menyajikan data dan mencatat transaksi apapun yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengambil keputusan.

Dengan demikian akuntansi erat kaitannya dengan berhitung, masalah uang dan laporan keuangan. Tentunya orang yang menggeluti dunia akuntansi maupun tidak sedikit banyak pasti mengerti akuntansi.

Apalagi mahasiswa jurusan akuntansi seharusnya lebih paham tentang ilmu akuntansi. Bahkan Tidak sedikit ilmu akuntansi mudah diingat dan pastinya bermanfaat.

Aktivitas akuntansi dalam kehidupan sehari hari bisa ditemui dalam berbagai hal;

Pertama; memanage keuangan pribadi, mulai dari mengatur dan mengelola keuangan. Cara yang paling mudah untuk dilakukan dengan membuat jurnal umum dengan bantuan Microsoft excel. Caranya  sisi atas kita buat kas masuk terlebih dahulu. kemudian di bawahnya kita buat pengeluaran selama sebulan. Apa saja pengeluaran yang telah dilakukan. Dari catatan itu, kita bisa membuat rencana belanja agar lebih efisien.

Kedua; implementasi akuntansi di lingkungan kerja. beberapa laporan keuangan di berbagai perusahaan terkadang tidak mengikuti format atau mengaplikasikan ilmu akuntansi. Jika kita menemukan hal ini kita bisa menggunakan ilmu kita untuk memperbaiki laporannya.

Ketiga: implementasi akuntansi pada usaha atau bisnis pribadi. Jika kita memiliki usaha, kita  bisa menggunakan ilmu akuntansi yang kita pelajari. Misalnya pada jualan online kita bisa membuat  laporan  pembelian, penjualan, stok barang dan juga kas yang keluar masuk.

Yang pasti,  kita harus mempelajari ilmu akuntansi dengan baik dan kita manfaatkan sebaik mungkin. Akuntansi sangat berguna bagi kehidupan manusia. Sebagai warga negara yang baik, kita harus mengimplementasi sistem akuntansi dalam menjalankan roda pemerintahan agar tercipta pemerintah yang adil, transparan dan akuntabel.

Standar akuntansi pun sangat penting agar laporan keuangan lebih berguna dan bermanfaat. termasuk membangun roda perekonomian yang lebih baik. Hal ini bisa berguna untuk mewujudlan kesejahteraan masyarakat saat ini dan di masa mendatang.

Untuk itu dibutuhkan good government governance sebagai proses secara kolektif yang memecahkan permasalahan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga dapat diartikan sebagai pelayanan publik yang efisien dan sistem yang dapat diandalkan. Kita dapat meningkatkan kepercayaan publik sebagai tolak ukur investor melakukan investasi. Ilmu akuntansi juga berguna untuk berbagai macam proyek.

Ilmu akuntansi yang erat dengan keuangan dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan pada suatu perusahaan. Usaha Kecil Menengah (UKM) pun menggunakan ilmu akuntansi sebagai media menjalankan usahanya.

Informasi akuntansi mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi pencapaian keberhasilan suatu usaha. Indonesia membutuhkan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan yang bisa membawa perekonomian indonesia ke arah yang lebih baik.

Apalagi Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang dapat memanfaatkan ilmu dengan baik, guna kelangsungan hidup manusia kedepannya. Kita bisa memanfaatkan sebagai tenaga pengajar, kerja di kantor, sebagai akuntan pajak dan lain sebagainnya. Generasi penerus bangsa harus bisa mensejahterakan bangsa. (*)

*) Penulis Ziyadatul M, Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan (Unisla)

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES