Indonesia Positif

Faperik Unisla Mengasah Tata Kelola Jurnal di Undip Semarang

Selasa, 28 Januari 2020 - 12:00 | 59.50k
Proses penandatanganan MoU antara tim Jurnal Grouper Faperik Unisla dan tim Jurnal Saintek FPIK UNDIP,  Senin, (27/01/ 2020). (Foto: Rif’atul Machmudah/AJP TIMESIndonesia)
Proses penandatanganan MoU antara tim Jurnal Grouper Faperik Unisla dan tim Jurnal Saintek FPIK UNDIP, Senin, (27/01/ 2020). (Foto: Rif’atul Machmudah/AJP TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Pengelola Jurnal Grouper, Fakultas Perikanan (Faperik) Universitas Islam Lamongan (Unisla) berhasrat untuk meningkatkan tata kelola jurnal.

Sebagai upaya peningkatan, tim Jurnal Grouper bersama tim Jurnal Saintek FPIK Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, mengikuti klinik jurnal di Gedung D Senin, (27/01/ 2020).

Klinik Jurnal yang mengangkat tema "Pelatihan dan pendampingan menuju jurnal terakreditasi" ini menghadirkan Prof Dr Istadi, Dr Anang, Sigit Febrianto, sebagai pemateri.

Unisla-dan-FPIK-UNDIP.jpg

Pasca kegiatan Dekan Faperik Unisla, Endah Sih Prihatini, menjelaskan klinik jurnal ini memberikan pendampingan kepada tim Jurnal Grouper yang akan mendaftarkan diri ke Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna).

"Juga untuk persiapan akreditasi Sinta berupa standar manajemen penulisan jurnal, mekanisme pendaftaran Arjuna, dan tata kelola website jurnal," kata Endah, Selasa, (28/01/ 2020).

Klinik jurnal yang dibarengi dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), dikatakan Endah sangat penting untuk diikuti oleh pengelola jurnal guna memberi spirit baru dalam pembenahan jurnal.

"Terlebih saat ini banyak aturan terbaru dalam penghitungan angka kredit dosen yang terkait dengan penelitian menggunakan indeksasi jurnal Sinta sebagai acuan penilaian," ucapnya.

Endah juga berharap tim Jurnal Grouper mampu belajar tata kelola jurnal yang sesuai dengan standar Dikti, serta bisa mengupgrade Jurnal Grouper menjadi jurnal yang terakreditasi dan berkualitas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES