Kesehatan Virus Corona 2020

Tips Mengurangi Risiko Terkena Virus Corona

Rabu, 29 Januari 2020 - 05:35 | 353.35k
Ilustrasi (FOTO: antara)
Ilustrasi (FOTO: antara)
FOKUS

Virus Corona 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTAVirus corona saat ini telah mencapai beberapa negara di dunia. Virus corona yang bermula dari Wuhan, China dapat tersebar antarmanusia melalui batuk, bersin hingga makanan yang terkena air liur penderita virus.

World Health Organization (WHO) dalam laman resmi memberikan rekomendasi kepada masyarakat untuk mengurangi risiko penularan. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus corona

1. Perhatikan kebersihan tangan

Rajin mencuci tangan dengan sabun atau pembersih berbahan dasar alkohol. Setidaknya butuh waktu 20 detik untuk mencuci tangan. Basahi tangan, gosok dengan sabun hingga merata. Gosok pula area di antara jari, punggung tangan dan ujung jari lalu bilas dengan air, serta keringkan.

Cucilah tangan setelah batuk atau bersin, saat merawat orang sakit, sebelum, saat dan setelah menyiapkan makanan, sebelum makan dan setelah memakai toilet.

Juga bersihkan saat tangan terlihat kotor dan setelah memegang binatang atau membersihkan kotoran binatang.

Edisi-Kamis-30-Januari-2020-mengurangi-risiko-corona.jpg

2. Perhatikan kebersihan saluran pernapasan

Tutuplah hidung dan mulut saat batuk dan bersin dengan tisu, sapu tangan atau masker. Bila tidak ada, pakai bagian dalam lengan atas alias siku. Buang segera tisu yang dipakai saat bersin serta segera cuci tangan.

Jangan bersin tanpa menutup mulut karena dapat menyebarkan kuman ke udara. Ketika batuk, ada 3.500 kuman yang tersebar ke udara. Jumlahnya melonjak jadi sejuta kuman ketika sedang bersin.

3. Hindari berdekatan dengan orang yang memiliki gejala flu

Jangan berdekatan dengan orang-orang yang punya gejala flu atau selesma. Bila tidak terpaksa, jangan melakukan kontak fisik tanpa pelindung dengan orang yang sakit agar tidak tertular.

Hindari menyentuh bagian mata, hidung atau mulut tanpa pelindung karena dapat meningkatkan risiko penularan. Bukan cuma manusia sakit yang harus dihindari, Anda juga sebaiknya menjauhi hewan ternak atau hewan liar yang sedang sakit. kiev.natashaescort.com

Hal yang paling penting adalah menerapkan pola hidup bersih dan menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi virus corona. Langkah tersebut sebagai bagian dari upaya pencegahan agar tidak tertular virus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES