Kesehatan

Pilihan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jumat, 14 Februari 2020 - 07:27 | 543.46k
Ilustrasi yoga.
Ilustrasi yoga.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin berolahraga. Dengan olahraga dan pola hidup sehat, jantung akan semakin kuat. Olahraga apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung?

Berikut ini lima olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga agar jantung tetap sehat, dilansir dari Halodoc.

1. Aerobik

Melansir dari Hopkins Medicine, aerobik meningkatkan sirkulasi, sehingga mampu mengontrol tekanan darah dan detak jantung lebih optimal. Selain itu, aerobik meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh. Jika rutin dilakukan, olahraga ini membantu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, serta meningkatkan pernapasan.

Beberapa olahraga aerobik yang bisa dilakukan yaitu jalan kaki, jogging, lompat tali, bersepeda (outdoor maupun statis), dan mendayung. Lakukan latihan ini selama 30 menit setidaknya 5 hari dalam seminggu.

2. Peregangan (Stretching)

Olahraga jantung yang satu ini berguna untuk meregangkan otot-otot secara perlahan. Dengan meregangkan lengan dan kaki sebelum berolahraga bisa membantu mempersiapkan otot-otot untuk beraktivitas dan membantu mencegah cedera dan ketegangan otot, dan meningkatkan jangkauan gerak jika dilakukan setelah berolahraga.

Edisi-Sabtu-15-Februari-2020-olahraga.jpg

3. Yoga

Yoga menggabungkan teknik peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Semua teknik tersebut baik bagi jantung. Lakukan yoga secara teratur maka dapat membantu mengurangi tingkat stres yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Dengan kata lain, yoga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Tai Chi

Olahraga yang satu ini berasal dari Tiongkok kuno yang didasari pada seni bela diri yang menggabungkan gerakan lambat tubuh yang berirama dengan pernapasan dalam dan konsentrasi. Rutin melakukan tai chi, dapat membantu menjaga kesehatan pikiran dan tubuh, serta kesehatan jantung.

5. Zumba

Zumba juga dipercaya sebagai olahraga jantung. Bila kamu melakukan zumba secara teratur, maka dapat membakar 1.000 kalori selama satu jam, asalkan dilakukan dengan benar yaitu bergerak mengikuti irama musik dan membuat jantung memompa lebih cepat.

Jangan lupa, kunci menjaga kesehatan jantung adalah rutin melakukan olahraga di atas. Anda bisa berolahraga selama 30 menit sehari, sebanyak lima kali seminggu atau setidaknya 3 kali seminggu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES