Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi: Ada Fungsi Ekonomi dalam Penghijauan

Jumat, 14 Februari 2020 - 15:05 | 66.21k
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGELANG – Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) menyampaikan bahwa penghijauan yang tengah digalakkan pemerintah tak hanya mempunyai fungsi preservasi, namun juga ada fungsi ekonomi.

Hal itu ditegaskan presiden usai meninjau bibit di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (14/2/2020).

Menurut presiden, tanaman Vetiver yang ada di lokasi pembibitan ini bagus untuk daerah-daerah yang sering longsor, dan untuk di hulu dari waduk-waduk yang mencegah sedimen tidak masuk ke waduk-waduk.

"Yang lain juga ini yang kita tanam di sini, ini apa, ini, petai ada fungsi hijaunya, fungsi ekonominya juga ada," papar presiden sembari menambahkan tanaman lain seperti jambu kristal pun juga ada fungsi penghijauan dan fungsi ekonominya untuk rakyat. 

"Ini durian. Nah, ini durian, ini durian yang saya seneng. Namanya senang, duriannya juga senang. Ini lengkeng, memang yang ditanam fungsi ekosistemnya, fungsi hidronya ada, tapi fungsi ekonominya juga ada," sambung Presiden.

Presiden menyebut di kawasan tersebut juga ada tanaman yang disukai rakyat seperti jengkol dan bambu petung. Keduanya juga memiliki fungsi ekonomi kuat. Menurut presiden, tanaman pinus dan nangka juga banyak disenangi di Yogya.

"Nangka ini yang banyak disenangi Yogya (Yogyakarta), karena dipakai untuk gudeg, tapi kayunya juga bagus ini untuk mebel, warnanya kuning, seratnya bagus. Ini sirsak, ini bagus. Ini pronojiwo, endemik di sini, bagus untuk obat," ujar Presiden RI Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES