Kesehatan

5 Penyebab Stres Menjelang Pernikahan

Minggu, 16 Februari 2020 - 07:07 | 114.60k
Ilustrasi (Shutterstock)
Ilustrasi (Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Stres menjelang pernikahan bukanlah hal yang aneh dan wajar dialami oleh para calon pengantin. Namun, bukan berarti Anda lantas membiarkannya berlarut-larut, sebab hal ini bisa memicu depresi dan pertengkaran. Stres jelang pernikahan bisa disebabkan hal kecil atau besar.

Berikut ini beberapa penyebab seseorang mengalami stres menjelang pernikahan.

1. Orangtua terlalu banyak terlibat dalam persiapan pernikahan

persiapan-pernikahan.jpg

Tak jarang pihak keluarga ingin ikut andil dalam mempersiapkan pernikahan Anda berdua. Bahkan, pihak keluarga bisa cenderung mendominasi persiapan pernikahan. Anda dan pasangan mungkin merasa sungkan untuk menolak dan merasa tertekan dengan permintaan pihak keluarga. Akibatnya, timbullah stres dan konflik-konflik kecil di antara Anda berdua dan keluarga.

2. Biaya pernikahan terlalu besar

Biaya-pernikahan-terlalu-besar.jpg

Mewujudkan pernikahan impian memang tidak ada salahnya. Tapi Anda harus memiliki kontrol, termasuk dalam menentukan biaya pernikahan. Jangan sampai tagihan persiapan pernikahan Anda membuat Anda stres hingga depresi.

3. Menghadapi omongan orang

Omongan orang lain memang tidak bisa dihindari. Walau kadang kita berusaha untuk tutup telinga, tetap saja menghadapi omongan dan nyinyiran orang tidaklah mudah. Perasaan jengkel dengan omongan dan cibiran orang luar tentang persiapan pernikahan membuat Anda bisa merasa sangat stres dan tertekan sendiri.

4. Berharap terlalu tinggi

Berharap-terlalu-tinggi.jpg

Mempelai wanita biasanya ingin menjadi pusat perhatian dengan tampil cantik di tengah resepsi yang mewah. Namun, berharap terlalu tinggi dan tidak realistis rentan memicu stres menjelang pernikahan. Pasalnya, semakin besar Anda menaruh harap pada hari pernikahan, maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk kecewa bila ternyata tidak berjalan sesuai dengan harapan.

5. Tiba-tiba ragu dengan pasangan

Tiba-tiba-ragu-dengan-pasangan.jpg

Stres menjelang pernikahan biasanya juga dipengaruhi oleh sejumlah pertanyaan yang hadir di benak Anda. Misalnya saja, “Apakah dia benar-benar orang yang tepat bagi saya?”, “Apakah rumah tangga saya akan bahagia bersamanya?”, dan sejumlah keraguan lain yang memenuhi kepala.

Cobalah untuk duduk sejenak dan tarik napas secara perlahan. Percayalah bahwa pemikiran tersebut hanyalah efek kelelahan yang Anda rasakan yang kemudian berdampak pada emosi sesaat.

Itulah lima penyebab stres menjelang pernikahan. Sebaiknya Anda tetap merasa rileks meski sedang mengalami berbagai tekanan saat mempersiapkan pernikahan. Selalu berpikir positif agar Anda jauh dari stres dan pernikahan berjalan dengan lancar. (*)

Edisi-Senin-17-Februari-2020-stres-pernikahan.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES