Gaya Hidup

Nih, Tips Komposisi Foto Agar Subjek Utama Lebih 'Eye-Catching'

Senin, 17 Februari 2020 - 12:12 | 118.47k
Ilustrasi.
Ilustrasi.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membahas fotografi memang tidak pernah ada habisnya. Di dunia yang penuh warna, salah satu yang bikin pusing tidak lain adalah komposisi foto. Apalagi, bagaimana caranya meramu agar subjek utama lebih menonjol atau eye catching.

Hal itu diungkapkan fotografer Hindam Basith Rafiqi yang menyebut di dunia fotografi kuncinya adalah cahaya. "Foto itu kan cahaya. Ya jadi kucinya fotografi itu dari cahaya. Fotografi itu lahirnya ya dari cahaya," ungkapnya.

Selain pertimbangan cahaya, menggunakan warna mencolok adalah salah satu teknik yang paling efektif. Pasalnya, teknik ini menarik perhatian mata ke subjek utama saat memotret benda yang memiliki warna cukup kontras dibanding warna lain di sekitarnya.

Teknik lain adalah potret di tengah frame. Meski dirasa agak melanggar rule of thirds, Hindam menyebut hal ini bukan masalah besar, apalagi kalau memang subjek utama pas banget waktu ditaruh di tengah.

"Dalam dunia fotografi, rule of thirds atau aturan sepertiga adalah petunjuk bagaimana caranya memposisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih enak dilihat," imbuhnya. 

Tips lain yang paling mudah adalah memanfaatkan garis. Dengan menggunakan garis dan geometri, foto bisa memancing mata yang melihat langsung menuju subjek yang ingin ditonjolkan. Ini cara 'curang' fotografi yang paling pas dan mudah yang bisa dicoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES