Indonesia Positif

Rektor UWGMG Malang Gelar Evaluasi KPM

Minggu, 16 Februari 2020 - 18:54 | 54.99k
Rektor uwg, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST.MT., serahkan cindera mata kepada sekdes desa Babadan Ngajum di akhir acara kunjungan KPM. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rektor uwg, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST.MT., serahkan cindera mata kepada sekdes desa Babadan Ngajum di akhir acara kunjungan KPM. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Evaluasi Akhir pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) UWG Malang periode 2020-1, sebagaimana priode yang lalu dan mungkin satu-satunya di perguruan tinggi di Malang Raya, dilakukan langsung oleh rektor dalam bentuk Kunjungan Lapang. 

Inilah yang dilakukan Rektor UWG Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT.,  Sabtu (15/2).

Kunjungan dilakukan ke Desa Babadan Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Di Balaidesa Babadan telah berkumpul perwakilan mahasiswa peserta KPM UWG yang ditempatkan di dua desa dan delapan dusun. Yaitu Dusun Umbulrejo, Dusun Ubalan, Dusun Jambuer, Dusun Nanasan, Dusun Sumberkunci, Dusun Petungroto, Dusun Kapurono dan Dusun Watutumpeng.

Ketua LPPM Ir. Gigih Priyandoko, MT, PhD., dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan KPM ini adalah bagian dari upaya UWG memperkenalkan diri langsung ke masyarakat.

buku-karya-teknologi.jpgPenyerahan buku karya teknologi oleh ketua LPPM (Ir. Gigih Priyandoko, MT.,PhD.) kanan kepada rektor UWG disaksikan sekdes Desa Babadan Ngajum Malang.

Selain itu, lanjutnya, juga merupakan bagian dari aplikasi ilmu yang telah diperoleh para mahasiswa ke masyarakat. 

"Kemarin UWG diminta untuk mendampingi Musrenbang di Kecamatan Tirtoyudo. Kalau Desa Babadan dan Desa Balesari membutuhkan pendampingan untuk pemberdayaan masyarakat yang lebih intensif, UWG siap mengirimkan SDM sesuai yang dibutuhkan," jelas Gigih.

Apa yang disampaikan Gigih disambut antusias oleh Sekretaris Desa Babadan Nurhasim. "Kami akan mengkoordinasikan lebih lanjut dengan aparat desa," kata Nurhasim.

Pada kegiatan tersebut masing-masing kelompok melakukan presentasi program kerjanya. 

Program kerja dibagi menjadi 6 program meliputi produksi, kesehatan dan kebersihan, pendidikan-sosial-budaya-spiritual, sarana dan prasarana, kelestarian lingkungan hidup dan administrasi pemerintah. 

UWG-Malang.jpg

Beberapa program bidang produksi yang patut dicatat adalah pengolahan kopi dan susu menjadi stiko, miopi, gelang kopi, tahu susu dan kripik tahu susu. Program bersama yang digagas oleh para peserta KPM adalah BUMDES.

Evaluasi yang langsung disampaikan oleh Rektor UWG antara lain dinyatakan dalam sambutan yang intinya akan memprovokasi mahasiswa dan para dosen Kampus Inovasi ini dengan pengusulan Program Hibah Bina Desa (PHBD) dan melanjutkan pengabdian sebagai bagian dari kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. 

"Semua program mahasiswa KPM, khususnya terkait dengan teknologi tepat guna yang telah diintroduksikan oleh peserta kepada masyarakat akan dibukukan dan diedarkan secara luas kepada masyarakat," Agus Tugas, Rektor UWG.

Diakhir acara, seluruh program bidang produksi yang telah dilakukan oleh peserta diserahkan kepada masyarakat, dan seluruh teknologi tepat guna diserahkan oleh LPPM kepada Rektor.

Dalam kunjungan tersebut, Rektor UWG Malang didampingi oleh para wakil rektor, jajaran dekan dan direktur pascasarjana, jajaran LPPM dan para pembimbing KPM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES