Indonesia Positif

KPM UWG Malang Sukses Ubah Paradigma Warga Rampalcelaket

Minggu, 16 Februari 2020 - 19:12 | 58.55k
Rektor uwg serahkan cindera mata dari UWG kepada Lurah Rampal Celaket Kota Malang, diakhir kunjungan kegiatan KPM 2020-1 UWG. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rektor uwg serahkan cindera mata dari UWG kepada Lurah Rampal Celaket Kota Malang, diakhir kunjungan kegiatan KPM 2020-1 UWG. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – KPM UWG Malang (Kuliah Pengabdian Masyarakat Universitas Widyagama Malang) khusus kelas karyawan yang dilaksanakan selama satu bulan di Kelurahan Rampalcelaket, Kota Malang berakhir pada Minggu (16/2).

Rektor UWG Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT menarik kembali para peserta KPM untuk mengikuti proses perkuliahan selanjutnya dalam sebuah acara yang bertajuk Kunjungan Rektor dan Evaluasi Akhir Kuliah Pengabdian Masyarakat Periode 2020-1 bertempat di Kantor Kelurahan Rampalcelaket.

Rektor yang pada hari ini didampingi oleh para wakil rektor, para dekan, jajaran LPPM dan para pembimbing, berpesan agar semua inovasi yang telah diberikan kepada masyarakat Kelurahan Rampalcelaket dapat diperluas, salah satunya dengan cara dibukukan dan diedarkan kepada masyarakat luas.

Rita-Hanafie.jpgWakil rektor III (Dr. Ir. Rita Hanafie, MP.) serahkan hasil karya mahasiswa KPM kepada perwakilan warga kelurahan Rampal Celaket Kota Malang.

Lurah Rampalcekalet Sabadi, SAg, MM menyambut baik ditempatkannya peserta KPM Universitas Widyagama di wilayahnya yang membuat wilayah Rampalcekalet khususnya RW O1, RW 03 dan RW 04, khusus Balai RW menjadi hidup setiap hari Sabtu dan Minggu. 

Lurah keturunan Aceh berwajah tampan itu juga tidak menolak manakala periode depan terpilih kembali sebagai lokus KPM UWG. 

"Mengubah paradigma masyarakat tentang produksi, kelestarian lingkungan dan kebersihan memang bukan pekerjaan mudah. Tetapi para peserta KPM sudah melakukannya dan mudah-mudahan ini nantinya menjadi bagian dari karakter masyarakat Rampalcelaket," kata Sabadi.

Sebagaimana kelompok KPM di Kecamatan Ngajum, Kelompok KPM di wilayah Kelurahan Rampalcelaket ini juga membagi program kegiatan dalam 6 bidang, yaitu bidang produksi, bidang sarana dan prasarana, bidang pendidikan-sosial-budaya-spiritual, bidang kesehatan dan kebersihan, bidang administrasi pemerintahan, serta bidang kelestarian lingkungan. 

buku-karya-teknologi7161309a280e3f2e.jpgPenyerahan buku karya teknologi dari kegiatan KPM dikelurahan rampal celaket kota malang kepala unit Pengabdian Masyarakat LPPM (Ir.Elik Murni, MP.) kepada rektor UWG.

Beberapa hasil program bidang produksi telah diserahkan kepada perwakilan masyarakat masing-masing oleh Wakil Rektor l Dr. Ir. Fachrudin, MT; Wakil Rektor ll Dr. Gunarianto, SE, MSi, Ak dan Wakil Rektor lll Dr. Ir. Rita Hanafie, MP.

Sementara itu beberapa teknologi karya peserta KPM di tiga RW diserahkan oleh Ir. Elik Murni Ningtyas Ningsih, MP, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, mewakili Ketua LPPM kepada Rektor, meliputi teknologi pengolahan pangan berbahan baku anggur, sere dan jahe, yang banyak ditanam di wilayah setempat dengan adanya Asman Toga.

Wakil masyarakat Dewi Ratna Mutu Manikam, SE berharap wilayahnya dipilih lagi menjadi lokasi KPM mahasiswa UWG Malang. "Kami sangat merasakan manfaatnya, khususnya terkait dengan pemanfaatan bahan baku yang sudah ada dan banyak diusahakan oleh masyarakat disini. Selama ini produk hanya dinikmati dalam kondisi segar saja," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES