Indonesia Positif

Tingkatkan SDM, BPBD Bantul Gelar Lomba Ketangkasan Relawan Damkar

Minggu, 16 Februari 2020 - 21:41 | 78.20k
Suasana lomba ketangkasan relawan pemadam kebakaran di Lapangan Trirenggo, Bantul pada Minggu, 16 Februari 2020 di Bantul. (FOTO: Helmi Jamharis/DJ TIMES Indonesia)
Suasana lomba ketangkasan relawan pemadam kebakaran di Lapangan Trirenggo, Bantul pada Minggu, 16 Februari 2020 di Bantul. (FOTO: Helmi Jamharis/DJ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Menyongsong peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke 101 tingkat nasional tahun 2020, BPBD Bantul menggelar Lomba Ketangkasan Relawan Pemadam Kebakaran Indonesia tingkat DIY dan Jateng. Lomba dilaksanakan di Lapangan Trirenggo, Bantul, Minggu, 16 Februari 2020. Dalam lomba ini diikuti 24 peserta. Pembukaan acara dibuka oleh Sekda Bantul, Drs Helmi Jamharis.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Drs Dwi Daryanto mengatakan kegiatan lomba ini tidak semata-mata memperebutkan kejuaraan. Namun, lebih dari itu kegiatan ini sebagai ajang untuk meningkatkan kapasitas SDM para relawan pemadam kebakaran.

Drs-Helmi-Jamharis.jpg

"Petugas atau relawan pemadam kebakaran itu harus trampil, trengginas dan responsiv terhadap peristiwa kebakaran dan lain-lain keluhan masyarakat yang membutuhkan bantuan tenaganya sehingga berbagai cara harus ditempuh untuk mendapatkan SDM yang memadai, termasuk melalui lomba," jelas Dwi Daryanto.

Petugas atau relawan harus siaga setiap saat sekalipun tidak ada kebakaran karena permintaan masyarakat itu bisa datang sewaktu-waktu. Dan sekarang ini permintaan bantuan sudah berkembang bukan saja kebakaran tapi lebih variatif misalnya menangkap ular yang masuk rumah, menghilangkan sarang tawon, kucing masuk gorong-gorong, dan lain sebagainya.
Sekda Bantul, Drs Helmi Jamharis mengatakan, pelaksanaan lomba ini merupakan hal positif untuk meningkatkan kualitas SDM. Sehingga, kegiatan ini perlu dilestarikan. Lomba yang diikuti dari berbagai wilayah ini sekaligus sebagai wahana sharing dan silaturahmi yang sangat bermanfaat.

lomba-ketangkasan-relawan-pemadam.jpg

"Kami berharap kepada seluruh peserta khususnya yang berasal dari luar Bantul dapat memanfaatkan momen ini tidak saja menyukseskan lomba, tapi sekaligus untuk mengenal Bantul lebih dekat. Manfaatkan untuk menikmati kuliner khas, keindahan alam dan kerajinan karya asli bantul untuk sauvenir sanak kerabat sehingga akan ada kesan istimewa dari kabupaten Bantul," harap Helmi.

Pemerintah berharap melalui peningkatan SDM ketrampilan ketangkasan relawan damkar yang diselenggarakan BPBD Bantul ini maka akan semakin tambah pula semangat pengabdian kepada masyarakat. Dengan motto pantang pulang sebelum padam semangat harus tetap digelorakan untuk pengabdian yang tak pernah lekang. Hasil lomba ketangkasan sebagai juara I Kabupaten Kulon Progo, juara II Kabupaten Boyolali dan juara III Kabupaten Klaten 1. Kemudian juara harapan I Klaten 2, harapan II Tirtonirmolo Bantul dan harapan III, Wukirsari Bantul. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES