Indonesia Positif

Heboh Soal Virus Corona, FK Unair Surabaya Beri Pemahaman pada Masyarakat

Senin, 17 Februari 2020 - 13:08 | 98.89k
Prof. Soetjipto, dr., MS., Ph.D mewakili Rektor UNAIR ketika memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Edukasi Kepada Masyarakat, di Fakultas Kedokteran UNAIR. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Prof. Soetjipto, dr., MS., Ph.D mewakili Rektor UNAIR ketika memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Edukasi Kepada Masyarakat, di Fakultas Kedokteran UNAIR. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Fakultas Kedokteran (FK) Unair Surabaya menggelar sosialisasi edukasi kepada masyarakat bertajuk ‘Kewaspadaan dan Pencegahan Infeksi Saluran Nafas yang Berhubungan dengan Virus Corona yang Ada di Luar Negeri’ Jumat (14/2). 

Sosialisasi yang berlangsung di Aula dan Ruang Sidang A FK Universitas Airlangga iti dihadiri oleh guru SMA dan SMK se-Kota Surabaya, kelompok pegiat lingkungan dan masyarakat, serta masyarakat umum.

Sosialisasi edukasi itu bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang infeksi saluran pernafasan oleh Virus Corona, kebijakan pemerintah Indonesia, pencegahan dan penanganan infeksi saluran napas, serta sistem penanganan pasien di unit pelayanan kesehatan.

Dalam sosialisasi tersebut didatangkan langsung dua pembicara ahli, yakni Setya Budiono, dr. M.Kes dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dan Dr. Soedarsono, dr., Sp.P(K) dari Departemen Pulmologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Prof. Soetjipto, dr., MS., Ph.D mewakili Rektor Unair yang berhalangan hadir menyampaikan bahwa saat ini sedang marak Virus Corona, yang mana masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. 

Coronafobia juga sedang menjangkit masyarakat karena ketakutan yang berlebih. Oleh karenanya, sosialisasi itu diharapkan dapat menambah wawasan yang cukup, sehingga masyarakat tidak perlu bingung dan takut lagi.

“Saat ini terjadi Coronofobia, sehingga sekarang juga waktunya kita tahu. Melalui sosialisasi ini, mudah-mudahan membawa manfaat bagi kita sendiri dan masyarakat pada umumnya,” ungkapnya.

Prof. Soetjipto, dr., MS., Ph.D., yang merupakan Dekan FK Unair  juga menyebutkan bahwa audiens yang sebagian besar terdiri dari guru sekolah menengah, diharapkan dapat mengetahui dan mendidik minimal ke siswanya masing-masing tentang permasalahan Virus Corona. 

Mulai dari gejala hingga terapi yang dapat diberikan, masyarakat harus mengetahui sebagai modal pencegahan.

“Setelah tahu dan paham, masyarakat dapat mencegah penularannya. Sehingga tidak akan terjadi lagi, dan yang terpenting jangan terlalu takut,” ujarnya.

Setya Budiono, dr. M.Kes dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dalam sosialisasi edukasi itu memaparkan tentang situasi serta kebijakan secara global dan di Indonesia. Menurutnya, virus yang resmi diberi nama oleh WHO per 11 Februari 2020 yakni COVID-19 (Corona Virus Desease 2019).

Virus ini memiliki tingkat kematian (CFR) cenderung lebih rendah daripada penyakit yang disebabkan oleh CoV jenis lain. Kemudian, terdapat empat klasifikasi kasus 2019-nCoV, yaitu orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), kasus probable, dan kasus konfirmasi.

Hingga saat ini, belum ada kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia, hal ini karena kantor kesehatan pelabuhan (KKP) di Indonesia jumlahnya banyak. KKP bertanggung jawab pada pintu negara, sehingga cegah tangkal di Indonesia terhadap kasus ini masih baik.

Lalu, Dr. Soedarsono, dr., Sp.P(K) dalam sosialisasi itu memberikan pengenalan dini dan tindak lanjut dalam mengantisipasi infeksi Novel Corona Virus (2019 n-CoV) atau COVID-19.

 Ia menekankan bahwa cara mendeteksi dini pasien Covid-19 adalah menemukan orang dengan gejala infeksi saluran pernapasan aku disertai dengan tanda dan gelaja pneumonia, kemudian dicari faktor risiko terinfeksi nCoV.

Setelah adanya gelaja ISPA dan faktor risiko memungkinkan orang tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok klasifikasi kasus. Setelah itu, dalam masing-masing kasus diberikan tindak lanjut yang berbeda-beda, seperti rujukan, perawatan, dan isolasi. 

Sosialisasi soal virus corona yang digelar FK Unair Surabaya ini diikuti dengan antusias oleh semua peserta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES