Indonesia Positif

Pakar Psikologi Unair Surabaya Beri Tips Atasi Stres Anak Korban Perceraian

Senin, 17 Februari 2020 - 13:50 | 52.71k
Ilustrasi Anak Bermain. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Anak Bermain. (Foto: Pixabay)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tingkat perceraian di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Diketahui perceraian akan berdamoak pada psikologis anak. Salah satu pakar psikologi Unair Surabaya Dr. Hamidah, M.Si., Psikolog., menjelaskan bahwa meskipun konflik atau perceraian terjadi pada orang tua, diharapkan mereka dapat menjaga perhatian pada anak dengan tetap seimbang.

Tingkat stres yang dialami oleh anak bergantung dari beberapa hal, seperti pola asuh, kehilangan salah satu figur, persepsi anak pada orang tua, dan lainnya.

“Kondisi tersebut (perhatian yang seimbang, red) dapat mengurangi beban si anak mungkin ketika tidak bisa menemui salah satu pihak,” ungkapnya.

Pada TIMES Indonesia, Hamidah menerangkan bahwa stres kadang kali muncul dengan tidak disadari secara penuh, sehingga hal tersebut tidak terkelola dengan baik.

Kemudian, berat dan ringannya stres pada anak bergantung dari bagaimana orang tua memberlakukan dan bagaimana anak mempersepsikan perilaku dari orang tuanya. Menurut Hamidah, stres merupakan sebuah hal yang perseptual.

Selain stres, lanjutnya, perilaku tertentu akibat perceraian juga dapat muncul seiring dengan perubahan kondisi yang dialami oleh anak. "Seperti kekecewaan tidak bersama orang tua, kekecewaan tidak terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikologis, agresif, menghindar, menentang, melarikan pada kegiatan di luar rumah, dan lainnya," paparnya.

Menanggapi hal tersebut, sebuah metode terapi bermain menjadi solusi untuk menurunkan tingkat stres pada anak. Terapi bermain merupakan suatu model untuk membangun proses interpersonal pada anak, dikarenakan bermain merupakan cara alami bagi anak untuk belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

“Usia anak-anak adalah dunia bermain. Jadi ketika mengalami kondisi yang tidak menyamankan dan kurang membahagiakan dia, kita bisa bantu dengan terapi bermain,” ujarnya.

Terapi tersebut dapat dilaksanakan oleh terapis yang sudah terlatih dengan menggunakan kekuatan terapeutik bermain, untuk membantu anak dalam mencegah atau menyelesaikan kesulitan psikososial dan mencapai pertumbuhan serta pengembangan optimal.

Terapi itu memiliki wujud yang sangat banyak, seperti mewarna, menggambar, bermain peran, dan membangun sesuatu. Adapun bahan yang digunakan juga bermacam-macam, seperti kertas, alat rumah tangga, pewarna, plastisin, dan lainnya.

“Masing-masing mainan itu akan memberikan stimulus untuk anak itu diminta mengekspresikan perilaku tertentu,” paparnya.

Sebelum menjalankan terapi, sang terapis membuat sebuah penilaian untuk menyesuaikan antara keahlian dan metode apa yang paling tepat untuk diberikan pada anak, sesuai dengan permasalahan atau stresnya masing-masing.

Dari penilaian tersebut, terapis akan menentukan intervensi yang digunakan, lama sesi, orang yang terlibat, fasilitas, dan sarana yang dibutuhkan.

Kemudian, pertemuan tidak hanya dilakukan sebanyak satu kali, namun dengan beberapa sesi tergantung pada kondisi. Stres dalam kategori ringan dapat diberikan sebanyak 2-3 sesi, namun jika persoalan lebih dalam seperti adanya kekerasan dalam rumah tangga maka diperlukan sebanyak 5-6 sesi.

Dalam setiap pertemuan, proses healing tidak hanya dengan bermain saja, namun juga dengan proses diskusi, dialog, dan bercerita. Hal itu menjadi sebuah kesempatan bagi terapis untuk menggali informasi lebih banyak, karena anak dapat bercerita dengan lebih leluasa.

Kemudian, terapis juga melakukan monitoring melalui pre-test dan post-test sebagai alat ukur tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan terapi.

“Anak bisa bikin macam-macam. Dari situ, terapis akan memberikan pertanyaan yang terapeutik juga. Jadi ketika dia cerita itu ada efek bisa melepaskan emosi-emosi yang selama ini mungkin belum terlepaskan,” jelasnya.

Lalu, pakar psikologi Unair Surabaya Dr. Hamidah, M.Si., Psikolog., juga mengungkapkan bahwa terdapat dua dasar yang seringkali digunakan sebagai pendekatan dalam terapi bermain, yakni psychodinamic dan humanistik theory. Strategi dan proses yang merujuk pada setiap pendekatan akan tergantung dari keahlian setiap terapis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES