Peristiwa Daerah

Epson Indonesia Digitalisasi Dokumen Sejarah Perpustakaan Reksa Pustaka

Jumat, 21 Februari 2020 - 21:14 | 55.48k
Epson Indonesia menampilkan kemampuan teknologinya dengan mendukung program digitalisasi dokumen-dokumen bersejarah  di Perpustakaan Reksa Pustaka, Pura Mangkunegaraan, Solo, Jawa Tengah.  (Foto: EPson Indonesia)
Epson Indonesia menampilkan kemampuan teknologinya dengan mendukung program digitalisasi dokumen-dokumen bersejarah di Perpustakaan Reksa Pustaka, Pura Mangkunegaraan, Solo, Jawa Tengah. (Foto: EPson Indonesia)

TIMESINDONESIA, SOLOEpson Indonesia menampilkan kemampuan teknologinya dengan mendukung program digitalisasi sejumlah dokumen bersejarah di Perpustakaan Reksa Pustaka, Pura Mangkunegaraan, Solo, Jawa Tengah.

Pada program ini, Epson Indonesia melakukan digitalisasi dokumen berjumlah 3.132 koleksi dengan total keseluruhan 400.202 halaman. Kegiatan ini dilakukan Epson Indonesia bekerja sama dengan PT Unibless Indo Multi, yang merupakan mitra kerja Epson Indonesia di solusi pengarsipan digital.

Arsip-arsip yang terdapat di Pura Mangkunegaran pada umumnya masih berupa kertas yang disimpan untuk dijaga nilai keaslian serta terlindung dari berbagai faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan dokumen arsip tersebut. Arsip yang belum dipilah dan diolah banyak yang mengalami kerusakan dari faktor eksternal maupun internal. 

“Koleksi perpustakaan Reksa Pustaka itu sudah sangat tua, kalau kita mengingat sejarah berdirinya, sampai saat ini sudah 152 tahun, sehingga sekarang kondisi (dokumen-dokumen)-nya sudah sangat rapuh meskipun kondisi rusak karena banyak pengunjung (yang datang) kita tetap pinjamkan hanya saja kita harus membimbing pembaca itu agar hati-hati dalam membaca," kata R. Ngt. Ng. Darweni, M. Hum selaku Pengelola Naskah Kuno Perpustakaan Reksa Pustaka.

Darweni mengatakan kegiatan digitalisasi ini sangat penting, karena harapan pembaca bisa membaca atau menikmati buku-buku tersebut dari hasil ahli media, sehingga kondisi fisik aslinya tidak semakin rusak.

Adanya Instruksi Presiden No.3/2003  tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government maka semua yang berhubungan dengan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat ke depannya harus bisa disajikan secara elektronik. Epson Indonesia, bekerja sama dengan Unibless Indo Multi mengambil inisiatif untuk mendukung pelestarian budaya melalui digitalisasi arsip.

Semua dokumen yang digitalisasi ini dipindai dapat diakses menggunakan aplikasi Electroninc Filling System (EFS) bernama UNIDocSys. Adapun beberapa tahap digitalisasi arsip yang dilakukan, diantaranya persiapan perangkat pemindai oleh Epson Indonesia, pemilahan arsip dan implementasi alih media/digitalisasi, implementasi aplikasi Electronic Filling System (EFS) dan mengembangkan aplikasi Electronic Filling System (EFS).

“Kami menugaskan gabungan Tim kami dari Jakarta dan Semarang untuk melakukan digitalisasi arsip koleksi Pustaka Pura Mangkunegaran. Arsip tersebut kami digitalisasi, kami jadikan bentuk file pdf dan kami simpan di komputer," kata Sylvie Selyn Sembiring, Direktur  PT. Unibless Indo Multi.

Sylvie mengatakan hasil pemindaian ini diedit dan dijadikan sebuah buku elektronik degan aplikasi Flipbook yang sudah tertera nama buku, halaman di mana para pembaca akan dimudahkan dengan cukup memindahkan kursor ke kanan dan kiri jika ingin memindahkan halaman.

Pada program ini, Epson Indonesia bekerja sama dengan PT Unibless Indo Multi menggunakan Epson ELPDC06 dan ELPDC11 sebagai perangkat guna melakukan alih media/digitalisasi arsip. Epson Indonesia sadar bahwa dokumen arsip bersejarah adalah bagian dari asset kebudayaan yang harus dijaga kelestariannya. 

“Epson Indonesia berharap bahwa dengan kontribusi Epson pada digitalisasi dokumen ini, teknologi Epson dapat mengambil peran dalam pelestarian budaya di Indonesia," kata Riswin Li, Marketing Division Head Epson Indonesia.

Epson Indonesia dan PT Unibless Indo Multi berharap dengan adanya digitalisasi ini mampu menjadi solusi untuk pelestarian dokumen bersejarah yang memiliki resiko kerusakan fisik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES