Kesehatan

Agar Asam Urat Tak Semakin Parah, Lakukan 5 Hal Ini

Senin, 24 Februari 2020 - 05:02 | 297.82k
Ilustrasi - Asam urat (FOTO: halodoc)
Ilustrasi - Asam urat (FOTO: halodoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAsam urat adalah peradangan pada persendian area kaki dan area tangan. Asam urat mulanya mungkin tidak menimbulkan gejala yang berarti. Namun, penyakit asam urat dapat berlanjut semakin parah bila penderita tidak teratur minum obat dan mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Melansir dari Hello Sehat, agar asam urat tak semakin parah, berikut hal yang harus Anda perhatikan.

1. Hindari konsumsi makanan dan minuman tinggi purin 

Purin adalah zat yang pada dasarnya tidak berbahaya. Tubuh manusia memproduksi purin secara alami dalam jumlah yang sedikit. Namun, terlalu banyak makan makanan yang mengandung purin adalah penyebab utama kadar asam urat naik terlalu tinggi.

Pemecahan purin di dalam tubuh umumnya akan menyebabkan kadar asam urat naik sebanyak 15%. Ketika kadar asam urat melebihi jumlah yang dapat diproses tubuh, asam dapat menumpuk hingga membentuk kristal pada persendian. Kristal yang terbentuk di sela persendian inilah yang membuat nyeri.

Edisi-Selasa-25-Februari-2020-asam-urat.jpg

2. Jangan sampai dehidrasi

Pengidap asam urat wajib minum banyak cairan setiap hari karena kadar asam dapat meningkat ketika mengalami dehidrasi. Hanya saja, pilih sumber cairan yang lebih sehat seperti air putih atau air mineral.

Asupan air yang cukup membantu kerja ginjal lebih efektif melarutkan kelebihan asam urat dari aliran darah ke dalam urin untuk dibuang.

Ketika dehidrasi, kerja ginjal untuk membuang racun justru akan semakin berat sehingga asam urat terbiarkan menumpuk dalam darah.

3. Jangan lewatkan waktu makan

Ada banyak makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Namun, ini bukan berarti Anda boleh sengaja tidak makan atau melewatkan waktu makan.

Minim atau bahkan nihilnya asupan makanan justru dapat menyebabkan kadar asam urat naik menurut Theodore Vanitallie, MD, dosen fakultas kedokteran dari Columbia University College of Physicians and Surgeons di New York, dikutip dari Health.

Ketika Anda tidak makan dalam jangka waktu lama, produksi zat keton dalam tubuh Anda akan meningkat. Peningkatan keton dapat membuat proses pembuangan asam urat menjadi lebih sulit. Akhirnya, kadar asam urat dalam darah jadi tinggi.

4. Pantang malas gerak

Malas bergerak, apalagi berolahraga, adalah pantangan bagi setiap orang termasuk para penderita asam urat.

Gaya hidup sedentari alias yang serba duduk dan rebahan lama-lama dapat membuat berat badan bertambah. Memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko terserang asam urat.

5. Jangan minum aspirin dan obat diuretik, kecuali atas saran dokter

Minum obat tertentu seperti aspirin atau obat diuretik adalah pantangan yang harus dihindari oleh orang dengan asam urat. 

Aspirin atau asam asetil salisilat dapat meningkatkan asam urat dalam darah Anda, bahkan dalam dosis rendah sekalipun.

Sementara itu, obat diuretik akan sering membuat Anda sering buang air kecil sehingga membuang kelebihan air dan garam dari tubuh. Hal ini dapat meningkat kadar asam urat jadi terlalu banyak dan mengkristal dalam darah karena tidak bisa dilarutkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES